Mundur Sebagai Kepala Otorita IKN, Segini Gaji Bambang Susantono
Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono [Suara.com/Istimewa]
11:36
3 Juni 2024

Mundur Sebagai Kepala Otorita IKN, Segini Gaji Bambang Susantono

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono mengundurkan diri dari jabatan.

Pengunduran diri ini dua bulan menjelang rencana Jokowi menggelar upacara peringatan HUT RI ke-79 di IKN.

"Pak Presiden menerima surat pengunduran diri dari Bapak Bambang Susantono dari Kepala OIKN," katanya di Kantor Presiden Senin, 3 Juni 2024.

Pratikno mengatakan Keppres tentang Pemberhentian dengan hormat Bambang dan Donny sudah terbit.

Baca Juga: Kepala IKN Mengundurkan Diri Setelah Baru 2 Tahun Menjabat

Bambang dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala OIKN pada Maret 2022.

Ia menjabat setelah mengalahkan sejumlah kandidat Kepala Otorita IKN Nusantara, seperti Ridwan Kamil, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Bambang Brodjonegoro, Tumiyono, dan Azwar Anas

Bambang Susantono bukan orang baru di pemerintahan. Karena sudah memiliki jabatan sejak era Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Profil Bambang Susantono

Bambang Susantono diamanahkan oleh Presiden Jokowi menjabat sebagai Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan masa jabatan 2022 - 2027.

Baca Juga: PNS Segera Cek Rekening, Gaji Ke-13 Mulai Dibayar Hari Ini

Dia resmi dilantik pada Kamis (10/3/2022) lalu. Disebutkan, gaji Bambang sebagai Kepala IKN mencapai Rp 172,7 juta.

Bambang Susantono lahir di Yogyakarta, 4 November 1963 sehingga kini berusia 59 tahun. Dia menduduki beberapa jabatan penting di pemerintahan sebelum jadi Kepala Otorita IKN.

Dalam rekam jejaknya, Bambang pernah menjabat sebagai Pelaksana Tugas Menteri Perhubungan (Menhub) ketika masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Bambang kemudian dilantik sebagai Wakil Menhub dalam Kabinet Indonesia Bersatu jilid II masa bakti 2009-2014.

Selain itu Bambang juga pernah menduduki jabatan sebagai Ketua Umum (Ketum) Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) periode 2007-2010 dan Komisaris PT Garuda Indonesia.

Posisi lain yang pernah diemban Bambang adalah pakar perencana infrastruktur dan transportasi adalah Ketua Umum (Ketum) Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI).

Sepak Terjang Bambang Susantono

Bambang Susantono pernah menduduki jabatan sebagai plt. Menhub, WaMenhub, Komisaris Garuda, hingga Ketum MTI sebelum dilantik jadi Kepala Otorita IKN.

Sementara itu di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Bambang membantu percepatan jalur rel ganda kereta api setelah EE Mangindaan undur diri sebagai Menhub.

Bambang juga pernah berkiprah di luar negeri sebagai Wakil Presiden Bank Pembangunan Asia (ADB) dengan bidang Manajemen Pengetahuan dan Pembangunan Berkelanjutan.

Setelahnya karier Bambang berlanjut sebagai Presiden Intelligent Tranport Sytem (ITS), koordinator LSM Forum for Transportation, Vice President East Asia Society of Transportation Studies hingga Board of Trustees The South North Foundation.

Selain karier di pemerintahan dan BUMN, Bambang merupakan pengajar dan pembimbing tesis pada Program Pascasarjana bidang Ilmu Teknik Universitas Indonesia (UI).

Dia juga sempat melakukan penelitian dengan 10 profesor terkait fenomena transportasi di beberapa kota megapolitan di Asia Timur.

Editor: Muhammad Yunus

Tag:  #mundur #sebagai #kepala #otorita #segini #gaji #bambang #susantono

KOMENTAR