HOAKS, Rohingnya Mulai Masuk Wilayah Surabaya
HOAKS, Rohingnya Mulai Masuk Wilayah Surabaya (Turnbackhoax)
18:16
17 Januari 2024

HOAKS, Rohingnya Mulai Masuk Wilayah Surabaya

Pengungsi Rohingya diklaim sudah mulai masuk ke wilayah Kenjeran, Surabaya. Informasi ini disebarkan melalui video yang diunggah oleh akun TikTok SATE SARAWAK ORIGINAL.

Akun TikTok ini mengunggah video segerombolan warga yang sedang berjalan di jalanan. Para warga tersebut diklaim sebagaipengungsi Rohingya yang baru saja tiba di wilayah Kenjeran.

"ROHINGYA MULAI MASUK KENJERAN SURABAYA," narasi yang ada di dalam video unggahan akun TikTok SATE SARAWAK ORIGINAL.

Lantas, benarkah klaim tersebut?

Penelusuran

Mengutip dari , klaim dalam video tersebut adalah tidak benar atau hoaks. Tayangan tersebut dipastikan bukan berisi kejadian pengungsi Rohingya yang masuk ke Surabaya.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, dapat diketahui jika akun TikTok tersebut mengambil cuplikan video dari pemberitaan mengenai aksi demo para pedagang kaki lima di Pantai Kenjeran, Surabaya

Video aslinya salah satunya bisa dilihat melalui kanal YouTube INews. Dijelaskan bahwa para warga tersebut merupakan pedagang kaki lima yang berada di Pantai Kenjeran, Surabaya.

Para pedangang kaki lima di Pantai Kenjeran itu sedang melakukan aksi demonstrasi karena tak terima dengan adanya penertiban yang dilakukan oleh Satpol PP setempat.

Simpulan

Dengan demikian, klaim pengungsi Rohingya mulai masuk ke wilayah Kenjeran, Surabaya adalah tidak benar atau hoaks.

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #hoaks #rohingnya #mulai #masuk #wilayah #surabaya

KOMENTAR