Rumah Dinas Walkot Medan Dibobol, Berikut Tips Cegah Maling Masuk Rumah
Ilustrasi pencurian. [Pixabay]
10:32
26 Mei 2024

Rumah Dinas Walkot Medan Dibobol, Berikut Tips Cegah Maling Masuk Rumah

Pelaku pencurian kerap menyasar rumah untuk melakukan aksinya. Dari dalam rumah, pelaku kejahatan biasanya mencuri berbagai harta benda yang bernilai.

Tak pandang bulu, pelaku pencurian menyasar rumah siapa saja. Seperti yang terjadi di rumah dinas Wali Kota Medan di Jalan Sudirman Medan, yang dibobol maling.

Dalam aksinya, maling menggasak sembako yang mencapai Rp 3 juta. Kejadian ini lalu dilaporkan ke pihak berwajib, dan kemudian 3 orang pelakunya dicokok polisi.

Meski demikian, mencegah agar pelaku kejahatan tidak masuk ke dalam rumah tentunya lebih baik, sebelum ada kejadian pelaku beraksi kemudian melapor ke polisi.

Tindakan pencegahan ini penting Anda ketahui agar rumah tidak dibobol maling. Lantas, bagaimana cara mencegah maling agar tidak masuk ke dalam rumah?

Berikut tips cegah maling masuk ke rumah, semoga bermanfaat:

1. Jangan Biarkan Rumah Terlihat Kosong Pastikan rumah

Anda selalu berpenghuni atau kondisikan rumah seperti terlihat tidak kosong dengan meletakkan sendal dan sepatu di depan rumah atau menyalakan lampu.

2. Perhatikan Pintu dan Jendela

Gunakan kunci pintu dan jendela yang berkualitas tinggi dan sulit dirusak atau dibuka oleh maling. Anda juga dapat menggunakan kunci pintar yang dapat dikontrol melalui aplikasi.

3. Perhatikan tempat penyimpanan barang berharga

Sembunyikan barang berharga di tempat yang tidak mudah dijangkau maling. Bila perlu, simpan barang berharga di safety box.

4. Tambahkan Kamera Pengintai

Pasang kamera CCTV yang dapat dipantau dari ponsel dan sensor gerak manusia. Bila ada gerakan, CCTV tersebut dapat mengirimkan notifikasi ke ponsel.

5. Tutup Gorden

Tutup tirai atau gorden ketika tidak di rumah, terutama pada malam hari ketika lampu ruangan membuat sulit untuk melihat ke luar tapi sangat mudah untuk melihat ke dalam rumah.

6. Pasang Alarm Rumah

Pasang sistem alarm rumah yang dapat mengawasi akses masuk dan mendeteksi gerakan serta getaran sensor. Sistem alarm ini dapat dipantau melalui smartphone dan memiliki perekaman video CCTV.

7. Jangan Letak Kunci Sembarangan

Kunci rumah baiknya tidak diletakkan sembarangan. Jangan juga simpan kunci di tempat yang umum seperti di bawah lantai atau di tempat yang mudah dijangkau orang lain.

8. Lapor Petugas Keamanan

Jika Anda memiliki petugas keamanan, lapor kepadanya tentang keamanan rumah Anda. Bila tidak ada petugas, Anda juga bisa meminta tolong kepada tetangga dekat, khusus bila Anda pergi meninggalkan rumah.

Editor: Suhardiman

Tag:  #rumah #dinas #walkot #medan #dibobol #berikut #tips #cegah #maling #masuk #rumah

KOMENTAR