3 Embarkasi Haji 2024 Menerapkan Layanan Fast Track Keimigrasian, Begini Penjelasan Kementerian Agama
Ilustrasi ibadah haji./Jawa Pos
06:24
5 Mei 2024

3 Embarkasi Haji 2024 Menerapkan Layanan Fast Track Keimigrasian, Begini Penjelasan Kementerian Agama

- Embarkasi Surabaya dipercaya untuk menjadi penyedia layanan fast track pada musim haji tahun ini.

Layanan fast track adalah fasilitas yang diberikan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi berupa layanan cepat keimigrasian melalui suatu embarkasi agar memudahkan para jemaah saat tiba di negara setempat.

"Tahun ini, embarkasi Surabaya untuk kali pertama menggunakan layanan fast track," ujar Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag Saiful Mujab seperti dikutip dari Antara.

Saiful mengatakan layanan fast track keimigrasian adalah wujud penghargaan yang diberikan Pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia.

Untuk tahun ini, selain Embarkasi Surabaya atau Bandara Juanda, layanan fast track juga diterapkan di Bandara Adi Soemarmo Solo, dan Soekarno-Hatta Tangerang.

Indonesia termasuk spesial karena menjadi satu-satunya negara yang memiliki tiga fast track.

"Hanya Indonesia yang memiliki tiga layanan fast track di dunia dalam penyelenggaraan ibadah haji," imbuh Saiful.

Kelebihan dari layanan fast track ini, kata Saiful, saat jemaah tiba di Madinah atau Jeddah, mereka bisa langsung menuju pemondokan tanpa harus diperiksa dulu di keimigrasian setempat, karena pemeriksaan dokumen sudah dilakukan di Indonesia, dalam hal ini tiga bandara di atas.

Layanan fast track akan memudahkan jemaah khususnya jemaah lansia karena bisa langsung beristirahat di pemondokan dan mempersiapkan diri untuk menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji.

"Ini tentu memberi kemudahan dan kenyamanan kepada jamaah haji Indonesia," kata dia.

Sebagai informasi, pada penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 Masehi, Indonesia akan memberangkatkan 241.000 orang.

Mereka terbagi dalam 554 kelompok terbang (kloter). Sebanyak 294 kloter diantaranya terbang dengan pesawat Garuda Indonesia, sedangkan 260 kloter sisanya dengan Saudia Airlines.

Sedangkan dari embarkasi Surabaya akan memberangkatkan sebanyak 106 kelompok terbang, atau menjadi yang terbanyak dari seluruh embarkasi.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #embarkasi #haji #2024 #menerapkan #layanan #fast #track #keimigrasian #begini #penjelasan #kementerian #agama

KOMENTAR