Setuju Pembentukan Presidential Club Era Prabowo, Jokowi: Bagus
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Tangkapan layar YouTube Setpres)
19:40
3 Mei 2024

Setuju Pembentukan Presidential Club Era Prabowo, Jokowi: Bagus

      - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons baik rencana Presiden RI terpilih Prabowo Subianto yang ingin membentuk perkumpulan bersama presiden terdahulu atau yang disebut presidential club. Nantinya, para presiden terdahulu akan memberikan saran dan masukan di dalam pemerintahan Prabowo-Gibran.  

  "Bagus, bagus," kata Jokowi di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (3/5).   Tak hanya setuju, Jokowi juga menyarankan agar jika terbentuk wadah tersebut, bisa melakukan pertemuan dua hari sekali nantinya.    "Ya dua hari sekali ya nggak apa-apa," ucap Jokowi lalu tertawa.   Jokowi pun menyatakan, tak masalah jika Prabowo ingin meminta saran kepadanya soal kabinet. Namun, Jokowi menekankan kabinet merupakan hak prerogatif Presiden terpilih.   "Kabinet itu adalah 100 persen hak prerogatif presiden. Kalau usul usul boleh, tapi itu hak penuh presiden terpilih," tegas Jokowi. Juru bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar sebelumnya mengungkapkan keinginan Presiden RI terpilih Prabowo Subianto untuk mendapatkan masukan dari presiden terdahulu. Masukan itu, bakal diberikan melalui presidential club atau klub presiden.    Melalui klub ini, Dahnil menyebut para presiden terdahulu bakal aktif memberi masukan kepada pemerintahan Prabowo-Gibran.    "Presidensial Club itu istilah saya saja, bukan institusi. Essensinya Pak Prabowo ingin para mantan presiden bisa tetap rutin bertemu dan berdiskusi tentang masalah-masalah strategis kebangsaan. Sehingga terjaga silaturahim kebangsaannya dan menjadi teladan bagi kita semua," ucap Dahnil, Jumat (3/5).   Tak hanya meminta masukan dari Joko Widodo dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saja, Dahnil mengungkapkan Prabowo juga mengharapkan masukan dari Megawati Soekarnoputri yang merupakan kubu lawannya di Pilpres 2024. Menurut Dahnil, hal itu menjadi salah satu cara Prabowo menunjukkan para pemimpin bisa berdamai pasca Pilpres 2024.    "Pak Prabowo berharap, sebagai bangsa besar para pemimpinnya kompak, rukun, guyub memikirkan dan bekerja untuk kepentingan rakyat banyak, terlepas dari perbedaan pandangan politik dan sikap politik," ujar Dahnil.   Hanya saja, Dahnil belum bisa memastikan  kapan presidential club itu akan terlaksana. Namun, ia meyakini itu dapat terjadi dalam waktu dekat.   

  "Insya Allah pada waktunya, Pak Prabowo pasti bertemu secara bersamaan, duduk bersama dengan Pak Jokowi, Pak SBY dan Bu Megawati," pungkas Dahnil. (*)      

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #setuju #pembentukan #presidential #club #prabowo #jokowi #bagus

KOMENTAR