Hardiknas, Jimly Asshiddiqie Singgung soal Mahalnya Biaya Pendidikan
Jimly Asshiddiqie. [Suara.com/Alfian Winanto]
02:28
3 Mei 2024

Hardiknas, Jimly Asshiddiqie Singgung soal Mahalnya Biaya Pendidikan

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 jatuh pada hari ini, Kamis 2 Mei 2024. Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie menyinggung soal mahalnya biaya pendidikan.

Dilihat dari cuitan di akun X miliknya, Jimly awalnya mengucapkan selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional 2024.

"Selamat memperingati Hardiknas 2024," tulisnya.

Dalam momen ini, Jimly berpesan agar anggaran pendidikan 20 persen dalam APBD dan APBD dapat diefektifkan.

"Semoga kecenderungan mahalnya biaya pendidikan di perguruan tinggi dapat dievaluasi dan anggaran pendidikan 20 persen dalam APBN & APBD dapat direfokusing & diefektifkan pemanfaatannya," ujarnya.

Cuitan ini seketika mendapat tanggapan dari warganet. Ada yang langsung mengirim foto mahalnya biaya pendidikan di perguruan tinggi yang mencapai Rp 7,1 juta per semester.

"Biaya persemester di Unsyiah Aceh," sindir warganet.

"Lebih memilih program makan siang gratis jadi t%$, daripada memilih pendidikan gratis jadi tau. Jadi ya nikmatin saja keberlanjutan UKT nya," tulis warganet.

"Selamat datang Gen Indonesia cemas. Tetap pertahankan kebodohan sebagai warisan budaya. Karena mencerdaskan kehidupan bangsa hanya textbook belaka. Kalo rakyat pada cerdas, nanti pada kritis, ga bisa di kibulin dengan bansos lagi," kata warganet.

Diketahui, setiap tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas.

Hardiknas yang diperingati setiap tanggal 2 Mei ini merupakan momen untuk mengenang sekaligus bentuk penghormatan atas jasa Ki Hajar Dewantara. Peringatan Hardiknas ini rutin diselenggarakan setiap setahun sekali.

Dipilihnya tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional karena tanggal tersebut bertepatan dengan hari lahirnya Ki Hajar Dewantara, yakni tanggal 2 Mei 1889.

Editor: Suhardiman

Tag:  #hardiknas #jimly #asshiddiqie #singgung #soal #mahalnya #biaya #pendidikan

KOMENTAR