Kapolri Sebut Aksi May Day Digelar di 77 Titik Seluruh Indonesia, Semuanya Aman
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama pemimpin kelompok buruh, yakni Ketua Partai Buruh Said Iqbal dan Presiden KSPSI Andi Ghani Nena Wea saat May Day, Rabu (1/5/2024). [Suara.com/M Yasir]
17:28
1 Mei 2024

Kapolri Sebut Aksi May Day Digelar di 77 Titik Seluruh Indonesia, Semuanya Aman

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut ada 71 titik aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day yang digelar di seluruh wilayah Indonesia pada Rabu (1/5/2024). Aksi itu melibatkan 121 elemen dengan massa mencapai puluhan ribu orang.

Pernyataan tersebut ini disampaikan Listyo saat meninjau pelaksanaan kegiatan May Day Fiesta 2024 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Dalam acara tersebut turut hadir Presiden Partai Buruh, Said Iqbal dan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Ghani Nena Wea.

"Dari hasil pemantauan yang kita ikuti hari ini ada kurang lebih 71 titik yang diikuti oleh kurang lebih 121 elemen dan puluhan ribu buruh yang tersebar di seluruh Indonesia, dan salah satunya hari ini rekan-rekan buruh yang ada di Jakarta," kata Listyo.

Listyo juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen buruh karena telah melaksanakan aksi dengan damai.

"Kemudian dalam kesempatan ini tentunya sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan buruh karena apapun beliau-beliau semua, rekan-rekan buruh semuanya adalah motor penggerak pembangunan. Saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah berada di angka 5 persen, nomor dua di dunia, dan ini salah satunya adalah karena kerja keras dari teman-teman buruh," katanya.

Angkat Andi Gani Jadi Penasihat

Sebelumnya, Listyo mengumumkan telah menunjuk Presiden KSPSI Andi Ghani Nena Wea sebagai Penasihat Kapolri di bidang ketenagakerjaan.

Listyo mengumumkan ini di tengah-tengah acara May Day Fiesta yang digelar kelompok buruh di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (1/5/2024).

Penunjukan Andi Gani sebagai penasihat ini menurut Listyo telah disepakati para pimpinan konfederasi dan serikat buruh.

"Tadi di dalam sepakat bahwa teman-teman pimpinan konfederasi dan serikat menunjuk Bung Andi Gani untuk menjadi staf ahli Kapolri di Bidang Ketenagakerjaan," tuturnya.

Di sisi lain Listyo menyampaikan penunjukan Andi Gani ini juga merupakan bagian dari komitmen Polri dalam upaya membantu menyelesaikan permasalahan buruh.

"Ini saya ucapkan selamat dan ini kita harapakn tentunya menjadi hadiah spesial untuk teman-teman buruh. Sehingga ke depan kesejahteraan buruh, apa yang diperjuangkan buruh, keselamatan buruh dann hal-hal lain yang tentunya saat ini diperjuangkan bisa dikomunikasikan dengan baik, dann tentunya harapan kita buruh semakin sejahtera," katanya.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #kapolri #sebut #aksi #digelar #titik #seluruh #indonesia #semuanya #aman

KOMENTAR