Bus Trans Jatim Terus Dikembangkan Agar Bisa Mengaspal hingga Madura, Ini Urgensinya
Bus trans jatim (Instagram @officialtransjatim)
08:40
30 April 2024

Bus Trans Jatim Terus Dikembangkan Agar Bisa Mengaspal hingga Madura, Ini Urgensinya

 

 Perluas konektivitas moda transportasi di Jawa Timur (Jatim), Komisi D DPRD mendorong agar Pemprov Jatim segera meluncurkan Bus Trans Jatim hingga merambah ke kawasan Madura.

Dilansir JawaPos.con dari kominfo.jatimproc.com, Selasa (30/4), hal ini menyusul rencana peresmian sekaligus pembukaan Bus Trans Jatim koridor IV Gresik-Lamongan.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jatim, M. Ashari mengatakan, bus dengan tarif murah tapi nyaman dan aman seperti Bus Trans Jatim ini bisa menjadi transportasi publik idaman para warga Jatim.

Hal ini juga didukung dengan penyediaan armada Bus Trans Jatim yang cukup memadai dalam hal kuantitas. Selain itu, interval waktu keberangkatan dari satu bus dengan bus lainnya hanya sekitar 15 menit saja.

Ashari menganggap perluasan Bus Trans Jatim hingga ke kawasan Madura ini cukup penting,  karena selain bisa menjadi sumber tambahan PAD Provinsi Jatim kedepannya, wilayah Madura juga sangat membutuhkan layanan Bus Trans Jatim ini.

Kawasan Madura sangat membutuhkan layanan Bus Trans Jatim di wilayah karena beberapa alasan. Salah satunya gegara di kawasan Madura sendiri masih marak taksi gelap berpelat hitam dibandingkan dengan pelat kuning.

“Madura sangat butuh Bus Trans Jatim. Karena banyak taksi gelap pelat hitam di Madura dibanding pelat kuning," ungkapnya.

Memangnya ada apa dengan taksi gelap berpelat hitam? Menurutnya, penomena maraknya taksi gelap berpelat hitam ini bisa jadi sangat membahayakan dan merugikan masyarakat.

Lebih lanjut, Ashari menyebut, taksi gelap berpelat hitam ini tidak hanya merugikan masyarakat, tetapi juga dapat mengancam keselamatan masyarakat Madura karena sistem keamanannya tidak terjamin.

"Tentu itu bisa merugikan masyarakat dan keamanan masyarakat juga tidak sepenuhnya terjamin. Kalau Bus Trans Jatim di Madura, maka bisa mengurangi tingkat kecelakaan," jelasnya.

Karena alasan itulah, akhirnya Ashari terus mendorong agar setelah memperluas koridor Gresik - Lamongan, Pemprov Jatim juga bisa segera memperluas layanan Trans Jatim ini hingga ke Madura.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #trans #jatim #terus #dikembangkan #agar #bisa #mengaspal #hingga #madura #urgensinya

KOMENTAR