Meski Berat Kalah Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat dengan Menjunjung Etika
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan memberikan keterangan pers di Kantor DPP PKB Jakarta, Senin (22/4/2024) (ANTARA/Fauzi Lamboka)
11:48
28 April 2024

Meski Berat Kalah Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat dengan Menjunjung Etika

  - Mantan calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menyatakan, dirinya ingin menuntaskan tahapan Pilpres 2024 secara terhormat. Karena itu, dirinya bersama pendampingnya eks calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memilih hadir penetapan pemenang Pilpres 2024, yakni pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.   "Kami memilih hadir, kami ingin menuntaskan sehingga semua selesai dengan proses ini dengan rasa syukur dan keluar dengan terhormat karena menjunjung tinggi etika," kata Anies dalam pernyataannya, Minggu (28/4).   Anies mengaku, undangan acara penetapan pemenang Pilpres 2024, yang diselenggarakan KPU RI, pada Rabu (24/4) pagi, baru diterima pada Selasa (23/4) malam. Namun, ia mengaku sudah mengetahui acara itu sejak Selasa siang, dari pemberitaan media massa.  

  "Karena media-media sudah memberitakan, jadi siang itu memang kita sudah dengar, tapi undangan resmi memang baru tiba malam. Nah, saya ketika sudah dengar informal itu pun saya sudah sampaikan bahwa kita akan hadir, ada nanti administratifnya, ada undangan atau tidak toh kita tahu bahwa memang ini bagian dari proses, kita akan hadir," ucap Anies.   Menurut Anies, kehadiran dirinya bersama Cak Imin ke kantor KPU RI untuk menghargai proses demokrasi. Meski memang perasaannya sangat berat, lantaran kalah Pilpres 2024.   "Di dalam proses bernegara ini tidak penting tentang perasaan, perasaan kita, ini bukan soal perasaan, ini adalah soal bagaimana kita menghormati proses bernegara, menghargai sampai tuntas, dan itu yang kami kerjakan kenapa kami memilih hadir," pungkas Anies.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #meski #berat #kalah #pilpres #2024 #anies #ingin #keluar #secara #terhormat #dengan #menjunjung #etika

KOMENTAR