Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu Wafat, Cucu Raja yang Pernah Jabat Wakil Ketua MPR
Pendiri Mustika Ratu, Mooryati Sudibyo meninggal dunia, Rabu (24/4/2024). Instagram/@mooryatisoedibyo 
07:49
24 April 2024

Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu Wafat, Cucu Raja yang Pernah Jabat Wakil Ketua MPR

- Kabar duka, Mooryati Soedibyo pendiri Mustika Ratu meninggal dunia, Rabu (24/4/2024).

Dalam pesan singkat yang diterima Tribunnews, Mooryati meninggal dunia pada pukul pukul 01.00 WIB dini hari di usia 96 tahun.

Jenazah Mooryati Soedibyo akan disemayamkan di rumah duka Jl Mangunsarkoro No 69, Menteng, Jakarta Pusat.

"Akan berangkat ke pemakaman/tempat peristirahatan terakhir di Tapos, Bogor dari rumah duka setelah Ba'da Dzuhur," bunyi pesan singkat tersebut.

Lantas berikut profil serta sepak terjang Mooryati Soedibyo :

Mooryati merupakan pengusaha wanita Indonesia yang lahir 5 Januari 1928.

Dirinya merupakan Wakil Ketua II Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Periode 2004-2009.

Mooryati berdarah biru, dirinya merupakan cucu Sri Susuhunan Pakoe Boewono X Keraton Surakarta.

Sejak usia 3 tahun ia tinggal di Keraton Surakarta yang dikenal sebagai sumber kebudayaan Jawa.

Di keraton itu, ia mendapat pendidikan secara tradisional yang menekankan pada tata krama, seni tari klasik, kerawitan, membatik, ngadi saliro ngadi busono, mengenal tumbuh-tumbuhan berkhasiat, meramu jamu, dan kosmetika tradisional dari bahan alami, bahasa sastra Jawa, tembang dengan langgam mocopat, aksara Jawa Kuno, dan bidang seni lainnya.

Hingga akhirnya, hal tersebut menjadi cikal bakal dirinya berkecimpung di dunia kecantikan, jamu tradisional, hingga lahirlah Mustika Ratu.

Mengawali usaha Mustika Ratu, Mooryati awalnya membukanya secara kecil-kecilan, dirinya dibantu oleh dua orang temannya, trial and error mewarnai usaha Mooryati.

Awalnya jamu serta kosmetik buatan Mooryati ditawarkan secara door to door dan perlahan tapi pasti, bisnis jamu dan kosmetiknya mulai berkembang.

Hingga akhirnya di tahun 1975, Mooryati Soedibyo mendirikan perusahaan yang diberi nama PT Mustika Ratu.

Mooryati Sudibyo Bersyukur Film Sultan Agung Terpilih Jadi Film Bioskop Terpuji di FFB 2018 Mooryati Sudibyo Bersyukur Film Sultan Agung Terpilih Jadi Film Bioskop Terpuji di FFB 2018 (ist)

Perusahaan memproduksi jamu dan kosmetik dari bahan tradisional dan alami.

Pengalamannya bersama Mustika Ratu inilah membawa Mooryati mendapat penghargaan "Indonesia Best Philanthropy Award 2023" untuk kategori "Outstanding Women Empowerment Programs" dari Warta Ekonomi, mengutip LinkedIn.

Penghargaan ini menjadi pengakuan terhadap komitmen dan kontribusi luar biasa beliau dalam dunia filantropi di Indonesia.

Dalam perjalanan filantropinya, Mooryati Soedibyo konsisten memberikan perhatian khusus terhadap peran perempuan dalam pemberdayaan ekonomi.

Prestasinya terlihat melalui transformasi PT Mustika Ratu Tbk menjadi perusahaan produk kecantikan, jamu, dan kesehatan yang tidak hanya menjadi kebanggaan bangsa, tetapi juga terdepan dalam menerapkan prinsip Pemberdayaan Perempuan.

Selain menjadi Presiden Direktur Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo merupakan salah satu pencetus ide kontes pemilihan Puteri Indonesia yang digelar setiap tahun.

Tepatnya pada tahun 1992, ia meluncurkan ajang Puteri Indonesia, yang dikembangkannya setelah menyaksikan acara Miss Universe di Bangkok pada bulan Mei 1992, mengutip Wikipedia.

Mooryati juga tercatat oleh MURI sebagai peraih gelar doktor tertua di Indonesia dan sebagai Empu Jamu.

Ia juga masuk sebagai urutan nomor 7 dalam daftar 99 wanita paling berpengaruh di Indonesia 2007 versi majalah Globe Asia.

(Tribunnews.com/Garudea Prabawati) (TribunnewsWiki.com/Ron)

Editor: Whiesa Daniswara

Tag:  #profil #mooryati #soedibyo #pendiri #mustika #ratu #wafat #cucu #raja #yang #pernah #jabat #wakil #ketua

KOMENTAR