Kode dari Airlangga Soal Jadwal Pencairan BLT Mitigasi Rp 600 Ribu: Tunggu Saja
Ilustrasi Uang - Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan jadwal pencairan BLT Mitigasi Risiko Pangan atau BLT MRP sebesar Rp 600 ribu. 
14:15
23 April 2024

Kode dari Airlangga Soal Jadwal Pencairan BLT Mitigasi Rp 600 Ribu: Tunggu Saja

Jadwal pencairan BLT Mitigasi Risiko Pangan 2024 atau BLT MRP sebesar Rp 600 ribu, masih menjadi teka-teki.

Belum ada tanggal pasti kapan BLT Mitigasi Rp 600 ribu disalurkan kepada 18,8 juta penerima se-Indonesia.

Hanya saja, pernyataan dari Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto tentang jadwal pencairan BLT MRP setidaknya menjadi sedikit titik terang bagi masyarakat.

Airlangga meminta agar masyarakat menunggu pengumuman resmi pemerintah. Ia juga mengatakan, tidak ada kendala terkait penyaluran BLT MRP Rp 600 ribu.

Dia menilai anggaran untuk bantuan tersebut sudah ada. Meski demikian, Airlangga juga belum memastikan kapan bantuan tersebut akan cair.

"Enggak ada kendala. Anggaran pasti ada. Tunggu saja," kata dia di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (22/4/2024).

Ia pun menyebutkan, pemerintah memiliki anggaran cukup untuk melaksanakan program yang membutuhkan biaya sebesar Rp 11,25 triliun itu.

Ketua Umum Partai Golkar itu menambahkan, pemerintah tengah meninjau postur dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Padahal, BLT Mitigasi Risiko Pangan diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebagai pengganti BLT El Nino sebesar Rp 600.000.

"BLT Mitigasi Risiko Pangan kita masih liat seluruh postur APBN," tambahnya.

Sebagai informasi, nasib BLT Mitigasi Risiko Pangan menjadi tidak jelas setelah diumumkan oleh pemerintah pada Januari lalu.

Di awal peluncuran, Airlangga mengatakan, BLT MRP cair pada Februari 2024. Kemudian direvisi lagi menjadi Maret 2024 dan sebelum Lebaran 2024.

Namun, hingga Lebaran 2024 sudah berlalu, nyatanya BLT Mitigasi Rp 600 ribu, tak kunjung cair sampai sekarang.

Hal ini pun menimbulkan tanda tanya sendiri di antara masyarakat, terutama yang berpotensi jadi penerima.

Ditargetkan Cair pada Semester I 2024

Sebelumnya, Airlangga sempat mengungkapkan jadwal pencairan BLT Mitigasi Risiko Pangan saat memberikan keterangan di sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (5/4/2024). 

Airlangga hanya mengatakan, pencairan BLT MRP Rp 600 ribu ditargetkan terjadi pada semester I 2024.

"Di tahun 2024, terdapat BLT Mitigasi Risiko Pangan yang ditargetkan terealisasi di semester I 2024," kata Airlangga, dikutip dari YouTube Mahkamah Konstitusi RI.

Ia tidak memberikan jadwal atau tanggal yang pasti mengenai pencairan BLT MRP Rp 600 ribu.

Airlangga juga merevisi durasi atau periode BLT MRP Rp 600 ribu. Sebelumnya, durasi BLT MRP Rp 600 ribu adalah Januari-Maret 2024.

Kini durasi atau periode BLT MRP Rp 600 ribu menjadi April-Juni 2024.

Nah, merujuk pada pernyataan Airlangga di atas, maka jadwal pencairan BLT MRP 2024 secepat-cepatnya adalah bulan April 2024 hingga paling lama, Juni 2024.

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan, BLT MRP Rp 600 ribu akan menyasar pada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) se-Indonesia.

Penerima BLT MRP Rp 600 ribu adalah penerima Kartu Sembako/BPNT berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Setiap KPM akan mendapatkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 200 ribu per bulan.

Namun untuk efektivitas, penyaluran BLT MRP akan disalurkan sekaligus untuk tiga bulan sehingga total BLT MRP yang diterima adalah Rp 600 ribu.

Airlangga juga mengatakan, BLT MRP Rp 600 ribu termasuk dalam program perlindungan sosial (perlinsos) pada kondisi tertentu.

Sama seperti Bansos Paket Sembako PPKM, Bantuan Subsidi Upah, hingga Bantuan Pelaku Usaha Mikro yang disalurkan pemerintah di masa pandemi Covid-19.

Selain BLT MRP Rp 600 ribu, pemerintah juga telah menyalurkan dua bansos lain untuk menghadapi risiko global yaitu BLT El Nino dan Bantuan Pangan.

(Tribunnews.com/Sri Juliati/Nitis Hawaroh)

Editor: Nanda Lusiana Saputri

Tag:  #kode #dari #airlangga #soal #jadwal #pencairan #mitigasi #ribu #tunggu #saja

KOMENTAR