Viral Pria Ajari Teknisi HP Jujur ke Pelanggan, Netizen: Semoga Tukang AC Juga Begini!
Pria yang mengajarkan kejujuran kepada tukang servis HP. [Dok.Istimewa]
18:04
21 April 2024

Viral Pria Ajari Teknisi HP Jujur ke Pelanggan, Netizen: Semoga Tukang AC Juga Begini!

Video seorang pria mengajarkan kejujuran kepada teknis HP viral di media sosial (medsos). Dia mengajari bagaimana seorang tukang servis elektronik merebut hati pelanggan dengan cara yang baik.

Video tersebut dibagikan oleh oleh akun medsos X @artiswtic. "Seorang pengajar di tempat pelatihan servis handphone memberikan satu pesan penting kepada para teknisi. Jika biasanya sebuah bisnis diajarkan untuk cari untung sebanyak-banyaknya, pada kelas ini justru diajarkan untuk mendahulukan kejujuran dan sifat amanah," tulisnya, dikutip Minggu (21/4/2024).

Tidak jelas siapa sosok pria tersebut. Namun, akun @artiswtic kembali memberikan informasi bahwa ia adalah pendiri dari sebuah lembaga yang bergerak di bidang pelatihan servis handphone.

"Pengajar tersebut diketahui bernama Rizal Arsyad Dini, CEO Borneoflasher yang bergerak di bidang pelatihan servis handphone," sambung si pengunggah video.

Dalam video itu, si pria menarasikan bahwa ada seorang pelanggan yang datang untuk memperrbaiki iPhone 13 Pro Max. Lantas, ia mematok harga perbaikan LCD sebesar Rp 5 juta.

Lantas, karena proses perbaikan pekerjaan lain juga banyak, ia meminta si pelanggan pulang dulu karena tidak bisa ditunggu.

"Setelah kita perbaiki, kita buka, konektornya aja yang lepas. Lalu, apa yang kita lakukan?," katanya.

Dia pun menyebutkan bahwa kembali memasang konektornya. Setelah itu, menelepon si pemilik HP. "Berapa dealnya? Lima juta. Jangan dimakan semua," katanya.

"Pak, mohon maaf Pak. Ternyata setelah kita perbaiki, konektornya saja yang lepas, bayar 500 saja," katanya lagi.

Menurutnya, tidak apa-apa berbuat seperti itu. Sebab, hal yang telah dilakukan adalah sebuah investias.

"Kamu tidak rugi. Besok kalau hp-nya rusak lagi, percaya dia nggak kemana-mana, pasti ke kamu," katanya.

Bisa jadi hari ini, si pelanggan hanya memperbaiki satu HP. Namun, di masa mendatang, bisa jadi ia akan membawa teman-temannya. Dengan begitu, kekurangan Rp 4,5 juta dari Rp 5 juta awal tadi akan datang dengan sendirinya.

"Satu, kamu tidak bohong. Dua, kamu dapat hati dari pelanggan dan ketiga halal," tuturnya.

Unggahan itu ramai dikomentari netizen. Mayoritas mereka terharu dengan kejujuran pria tersebut. Banyak juga yang menyebut apa yang disampaikannya telah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

:Sebenarnya yg disampaikan tsb bukan hal baru, itu ilmu lama...ilmu yg seharusnya diaplikasi dlm kehidupan sehari-hari bukan hny tukang servis Hp saja. Tetapi krn bertahun tahun byk masyarakat yg tidak jujur & curang, maka saat disampaikan hal yg seharusnya mjd kaget & takjub," kata @EmhadyZ.

"Bukan hal baru bagi saya, Rasulullah pun sudah mempraktikkan ketika dagang," katanya.

"Semoga teknisi AC juga begini hi hi hi hi," tulis @kel4n4senj4.

"Tempat service hp yg terakhir, gw dtg krn ga bs dicharge, mlh suruh gnti batre. Batrenya udh komplen dan gnti tetep jelek. Kesel. Skrg malah ga bunyi hp ku," tutur @nhatwitt.

"Jadi inget redmi note 5 gua dulu matot cuma logonya doang terus malah ditawarin 400," kata @yogamch.

"Jarang yg begitu," cuit @AlfinAnsori2.

Editor: Riki Chandra

Tag:  #viral #pria #ajari #teknisi #jujur #pelanggan #netizen #semoga #tukang #juga #begini

KOMENTAR