Optimistis Prabowo-Gibran Bisa Menang Sekali Putaran, Qodari Beber Sejumlah Fakta
M Qodari Direktur Eksekutif Indo Barometer di Rosi
22:40
15 Januari 2024

Optimistis Prabowo-Gibran Bisa Menang Sekali Putaran, Qodari Beber Sejumlah Fakta

Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari mengaku semakin yakin pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul sekali putaran. 

Dia punya beberapa alasan mengenai hal itu. "Sekali putaran itu peluangnya lebih besar terjadi ketimbang tidak terjadi kalau bahasa saya, itu level of confidence saya ini bisa terjadi 70 persen. 30 persennya lagi harus diusahakan," ujarnya dikutip dari YouTube Zulfan Lindan Unpacking Indonesia, Senin (15/1/2024). 

Qodari menyampaikan, keyakinan tersebut berdasarkan angka-angka yang ditunjukkan oleh lembaga survei. Hasil yang disampaikan Indikator Politik Indonesia misalnya, memang angkanya masih 46,9 persen. Namun masih ada sekitar 7-8 persen belum memutuskan. 

"Walaupun kalau yang belum memutuskan sekitar 7 atau 8 persen itu didistribusikan secara normal, metode atau prinsip yang diterima dalam dunia statistik, maka ya separuh dari 8 persen itu kan 4 persen ditambah dengan 47 persen, kan sudah 51 persen," katanya. 

Namun, katakanlah surveinya tetap 46,9 persen atau absolute-nya 47 persen, itu ada kenaikan dari sebelumnya. Artinya tetap ada pertumbuhan meskipun tidak secepat sebelumnya. 

Selain berdasarkan hasil survei, faktor lainnya yaitu hubungan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi), PDI Perjuangan, dan Ganjar Pranowo. 

"Sekarang antara Jokowi, PDIP, Ganjar itu makin putus. Jokowi makan siang dengan Pak Prabowo, kemudian Mas Ganjar mengatakan memang Pak Jokowi sudah berpihak kepada Pak Prabowo, yang statemen itu menurut saya blunder," ungkapnya. 

Pernyataan tersebut, menurut Qodari, sama dengan mengumumkan kepada pendukungnya yang sebenarnya masih beririsan dengan penggemar Jokowi sudah bersama Probowo. 

*Isu yang ketiga sekali putaran semakin meluas semakin banyak disampaikan semakin banyak diwacanakan termasuk juga oleh relawan Pak Jokowi yang merupakan relawan lamanya Pak Jokowi," bebernya. 

Editor: Baehaqi Almutoif

Tag:  #optimistis #prabowo #gibran #bisa #menang #sekali #putaran #qodari #beber #sejumlah #fakta

KOMENTAR