Kapolri: Puncak Arus Mudik Terlewati, Kecelakaan Tol Cikampek Jadi Bahan Evaluasi
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di RSUD Karawang, Jawa Barat, Senin (8/4/2024). (Foto: Dok. Humas Polri)
22:16
8 April 2024

Kapolri: Puncak Arus Mudik Terlewati, Kecelakaan Tol Cikampek Jadi Bahan Evaluasi

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut puncak arus mudik Lebaran Idul Fitri 2024 terjadi pada H-4 atau Sabtu (6/4/2024). Dia menilai puncak arus mudik tersebut juga telah terlewati dengan baik.

Hal ini disampaikan Listyo saat memantau arus mudik di KM70 Cikatama pada Senin (8/4/2024) malam. Berdasar hasil pemantauan dari empat gerbang Tol Utama dari KM50 hingga 414 Kalikangkung secara umum mengalami peningkatan.

"Jadi tadi dilaporkan bahwa terjadi persebaran, terjadi penambahan jumlah sekitar 6 sampai 7 persen dibandingkan mudik tahun 2023. Namun untuk puncak arus mudiknya bisa terlampaui dengan baik," beber Listyo.

:

Jika dibandingkan tahun 2023, lanjut Listyo, puncak arus mudik di Lebaran Idul Fitri 2024 mengalami pergeseran dari H-3 ke H-4.

"Jadi kalau tahun 2023 itu di H-3, kali ini bergeser di H-4 dengan tingkat puncak arus mudiknya yang turun dan ini tersebar di hari-hari sebelumnya," katanya.

Meski secara manajemen telah baik, Listyo menilai masih diperlukan adanya evaluasi. Khsususnya untuk menyikapi terjadinya kecelakaan maut di KM58 Tol Cikampek arah Jakarta.

"Ini tentunya menjadi evaluasi agar kita lebih masif lagi, mensosialisasikan terhadap pengemudi khususnya terhadap pengguna jalan agar betul-betul mempersiapkan diri dengan sebaiknya," imbuhnya.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #kapolri #puncak #arus #mudik #terlewati #kecelakaan #cikampek #jadi #bahan #evaluasi

KOMENTAR