Antrean Kendaraan Pemudik di Pelabuhan Merak Mengular Hingga KM 84 Tol Tangerang-Merak
Antrean kendaraan arus mudik Lebaran 2024 di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Minggu (7/4/2024). [Yandi Sofyan/Suara.com].
19:12
7 April 2024

Antrean Kendaraan Pemudik di Pelabuhan Merak Mengular Hingga KM 84 Tol Tangerang-Merak

Antrian kendaraan pemudik menuju Pelabuhan Merak masih terus terjadi hingga Minggu (7/4/2024). Kini antrean kendaraan roda empat mencapai KM 87 Tol Tangerang-Merak atau tepatnya di Lingkungan Panggungrawi, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon pada H-3 arus mudik Lebaran 2024 ini.

Diketahui, jarak dari KM 87 menuju KM 98 Gerbang Tol (GT) Merak itu sejauh 13 kilometer. Sementara jarak dari Gerbang Tol Merak menuju Pelabuhan Merak itu sejauh 5 kilometer.

Karenanya, jika digabungkan antara jarak GT Merak dengan KM 87 dan jarak GT Merak ke Pelabuhan Merak, antrean kendaraan pemudik yang terjadi di jalur menuju Pelabuhan Merak mencapai 18 kilometer.

Baca Juga:

Saat dikonfirmasi, Humas PT Astra Tol Tangerang - Merak, Hannah turut membenarkan bila antrian kendaraan pemudik yang mengarah ke Pelabuhan Merak mencapai KM 87.

"Info sampai saat ini, ekor antrian sudah sampai KM 87," kata Hannah kepada awak media, Minggu (7/4/2024).

Sementara itu, Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim menerangkan, kepadatan kendaraan yang terjadi di Pelabuhan Merak lantaran adanya kendala saat bongkar muat kapal di Pelabuhan Bakauheuni, Lampung.

Selain itu, lanjut Abdul Karim, H-4 di hari Sabtu (6/4/2024) kemarin merupakan puncak arus mudik di Pelabuhan Merak sehingga meningkatnya volume kendaraan pemudik yang akan menyebrang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera.

"Terus terjadi kepadatan, tadi itu, memang ada sedikit antrian. Ya antrian pada saat di Bakauheuni, pembongkaran tadi mungkin agak terjadi delay," kata Abdul Karim.

Sebelumnya, Seorang pemudik dari Cikarang, Aan (31) harus terjebak hingga 12 jam di KM 90 sebelum Gerbang Tol Cilegon Timur saat hendak menuju Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten pada Sabtu (6/4/2024).

Padahal kata Aan, dirinya sempat memperkirakan bakal kena macet di wilayah Jakarta, namun justru hal itu berbanding terbalik dari apa yang dibayangkan olehnya.

"Dari Cikarang jam setengah 8 pagi, di jalan luar biasa macetnya," cerita Aan saat ditemui di dermaga eksekutif Pelabuhan Merak, Sabtu (6/4/2024) malam..

"Tapi dari Cikarang sampai Jakarta itu di luar ekspektasi, lancar sekali, biasanya ditempuh 2 jam, ini cuma 1 jam. Tapi macet total itu di KM 90, itu 12 jam sampai sini (Pelabuhan Merak)," imbuhnya.

Editor: Hairul Alwan

Tag:  #antrean #kendaraan #pemudik #pelabuhan #merak #mengular #hingga #tangerang #merak

KOMENTAR