Perkuat Kualitas Pendidikan Bilateral, Kampus Indonesia-Tiongkok Pertukaran SDM Pendidikan
Sejumlah universitas Tiongkok menandatangani perjanjian kerja sama dengan Universitas Borobudur, menandai kelahiran ''Indonesia - China Technological Institute'' kedua belah pihak mencapai kesepakatan tentang pendidikan luar negeri, kerja sama akademik, dan mempromosikan kegiatan pengajaran dan penelitian berdasarkan prinsip-prinsip kesetaraan, saling menguntungkan dan kemajuan bersama. 
00:07
7 April 2024

Perkuat Kualitas Pendidikan Bilateral, Kampus Indonesia-Tiongkok Pertukaran SDM Pendidikan

- Perguruan tinggi asal Indonesia, Universitas Borobudur, bekerjasama dengan sejumlah kampus asal Tiongkok.

Kerja sama ini mempromosikan pertukaran dan kerja sama pendidikan antara Tiongkok dan Indonesia serta mewujudkan pertukaran sumber daya pendidikan.

Kedua belah pihak menandatangani NOU (Letter of Intent of Intent) untuk bersama-sama membangun Indonesia-China Technological Institute.

"Indonesia-China Technological Institute bertujuan untuk memperkuat kerjasama antara Indonesia dan China di bidang pendidikan tinggi, saling belajar dan belajar dari satu sama lain," ujar Rektor Universitas Borobudur Bambang Bernanthos melalui keterangan tertulis, Sabtu (6/4/2024).

Menurutnya, berdirinya Indonesia-China Technological Institute ini menandai hasil bertahap dalam kerjasama pendidikan yang mendalam dengan Tiongkok.

Universitas Borobudur, kata Bambang, akan melakukan lebih banyak kerja sama pendidikan yang bermanfaat bagi kedua belah pihak.

Keduanya akan memperkuat pertukaran pelajar, kunjungan guru, pembelajaran guru, dan penelitian ilmiah bersama.

"Universitas kedua belah pihak akan melakukan kolaborasi berkelanjutan dan bantuan timbal balik dalam memperluas jalur pelatihan bakat dan meningkatkan tingkat internasionalisasi sekolah vokasi," katanya.

Sementara itu, Wakil Presiden Shandong Polytechnic, Li Xinhua, mengatakan pihaknya akan mengambil kesempatan membangun Indonesia-China Technological Institute.

"Langkah ini untuk membangun platform kerja sama pendidikan vokasi, bekerja sama dengan universitas dan perusahaan dalam dan luar negeri untuk melatih siswa internasional, dan melaksanakan kerja sama di negara-negara ASEAN dan negara dibawah kerjasama inisiasi "Belt and Road"," ujarnya.

Seperti diketahui, perguruan tinggi Tiongkok yang bekerjasama, adalah Shandong Polytechnic, Xi'an Vocational and Technical College, Heilongjiang Agricultural Economy Vocational College, dan Guangdong Technical College of Water Resorces and Electric Engineering.

Lalu Suzhou Polytechnic Institute of Agriculture, Chongqing Water Resources and Electric Engineering College, dan Shanghai Urban Construction Vocational College.

 
 

Editor: Wahyu Aji

Tag:  #perkuat #kualitas #pendidikan #bilateral #kampus #indonesia #tiongkok #pertukaran #pendidikan

KOMENTAR