Tips Agar Baterai HP Tak Boros saat Perjalanan Mudik Lebaran
Ilustrasi handphone. (Pixabay)
22:16
6 April 2024

Tips Agar Baterai HP Tak Boros saat Perjalanan Mudik Lebaran

–Gawai atau HP memegang peran penting selama perjalanan mudik Lebaran. Dengan HP, dapat mengakses peta dan mengetahui arah jalan. Selain itu, HP juga menyediakan berbagai hiburan menarik untuk menghilangkan kebosanan selama perjalanan mudik.

Karena memiliki beragam fungsi penting, menjaga daya tahan baterai HP menjadi hal yang krusial. Agar tidak kehabisan baterai di tengah perjalanan mudik Lebaran, berikut beberapa tips yang mungkin bisa diterapkan

  1. Kurangi Pengoperasian Aplikasi Berat

Hindari penggunaan aplikasi yang menguras banyak daya, seperti game online 3D, pemutaran video, dan aplikasi lain yang membutuhkan kinerja tinggi. Pemeriksaan aplikasi yang paling menghabiskan baterai dapat dilakukan melalui pengaturan HP, seperti pada HP berbasis android dengan membuka settings, Battery & performance, Power usage.

  1. Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Pengaturan kecerahan layar yang tinggi akan mempercepat konsumsi daya baterai. Atur tingkat kecerahan layar ke tingkat yang ideal. Pengguna juga dapat mengatur kecerahan layar secara otomatis. Tapi hal itu membutuhkan sensor tambahan yang akan mengonsumsi daya meskipun perlahan.

  1. Matikan Fitur Kecerahan Otomatis

Fitur kecerahan otomatis dapat menghemat daya dengan mengurangi kerja sensor yang menyesuaikan kecerahan layar. Nonaktifkan fitur ini melalui pengaturan display dan pilih opsi nonaktifkan kecerahan otomatis.

  1. Matikan Fitur Konektivitas yang Tidak Dibutuhkan

Fitur konektivitas seperti jaringan seluler, NFC, GPS, dan wifi dapat menghabiskan cukup banyak daya. Matikan fitur-fitur itu ketika tidak diperlukan. Terutama saat berada di area dengan sinyal lemah yang menyebabkan sistem bekerja ekstra untuk mencari jaringan.

  1. Batasi Penggunaan Data Latar Belakang

Penggunaan data latar belakang memungkinkan aplikasi terus bekerja meskipun tidak dibuka, sehingga mengonsumsi daya. Untuk menghemat baterai, nonaktifkan penggunaan data latar belakang untuk aplikasi yang tidak terlalu penting. Cara mematikannya berbeda-beda di setiap ponsel, biasanya melalui pengaturan, penggunaan data, aplikasi latar belakang.

  1. Hindari Widget dan Live Wallpaper

Penggunaan wallpaper animasi atau live wallpaper dapat meningkatkan beban chipset dan menguras daya baterai lebih cepat. Sebaiknya gunakan wallpaper statis atau non animasi serta minimalkan penggunaan widget untuk menghemat baterai.

  1. Matikan Notifikasi yang Tidak Penting

Fitur notifikasi pada aplikasi membutuhkan daya untuk mengirimkan kabar atau pesan terbaru. Matikan fitur notifikasi pada aplikasi yang tidak terlalu penting untuk menghemat daya baterai. Cara mematikan notifikasi aplikasi dapat dilakukan melalui menu pengaturan pada masing-masing aplikasi.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #tips #agar #baterai #boros #saat #perjalanan #mudik #lebaran

KOMENTAR