Puncak Arus Mudik Lebaran, 106 Ribu Orang Terbang dari Bandara Soekarno-Hatta Hari Ini
Ilustrasi: Terbang melalui bandara jadi salah satu opsi transportasi mudik Lebaran. (RianAlfianto/JawaPos.com).
13:40
6 April 2024

Puncak Arus Mudik Lebaran, 106 Ribu Orang Terbang dari Bandara Soekarno-Hatta Hari Ini

- Seperti tahun-tahun sebelumnya, pesawat terbang menjadi salah satu moda transportasi favorit masyarakat Indonesia saat musim mudik Lebaran tiba. Selain karena cepat, pesawat banyak dipilih juga karena faktor jarak yang sulit ditempuh oleh kendaraan darat lainnya.   Pada Sabtu (6/4) hari ini sendiri diprediksi akan menjadi puncak arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah atau tahun 2024. Jalan tol, terminal, stasiun kereta, begitu juga dengan bandara akan penuh sesak oleh pemudik.   Demikian pula di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, puncak arus mudik Lebaran diprediksi terjadi hari ini. Hal tersebut disampaikan oleh Senior Manager Branch Communications dan Legal Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi.  

  Holik menyebut kalau pada Sabtu (6/4) ini Bandara Soekarno-Hatta akan mengalami puncak arus mudik. "Iya, hari ini (puncak arus mudik Lebaran Idul Fitri 2024)," terang Holik saat dihubungi JawaPos.com.   Holik melanjutkan, total pax atau penumpang yang akan terbang berangkat dari bandara Soekarno-Hatta ke berbagai tujuan adalah sekitar 106 ribu lebih penumpang.    "Penerbangan keberangkatan 604 flight, kedatangan 594 flight. Jadi total 1.198 flight," imbuh Holik.   Sementara total pax atau penumpangnya, seperti sudah disinggung di atas, untuk keberangkatan berada di angka 106 ribu lebih penumpang. Tepatnya adalah 106.028 pax atau penumpang.  

  "Kedatangan 78.222 pax. Jadi total 184.250 pax," pungkas Holik.   Sebelumnya, Kepala Otoritas Bandar Udara (Otban) Wilayah 1 Kelas Utama Bandara Soekarno-Hatta, Yufridon Gandoz Situmeang, mengatakan pihaknya telah mempersiapkan sejumlah skema untuk menghindari terjadinya penumpukan penumpang.   Salah satu yang diantisipasi adalah penumpukan di jalur drop off keberangkatan. Untuk menghindari penumpukan, drop zone diatur dengan hanya diberi waktu 5 menit, dengan pengawasan dari petugas di lapangan.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #puncak #arus #mudik #lebaran #ribu #orang #terbang #dari #bandara #soekarno #hatta #hari

KOMENTAR