Warga NTT Curhat Musim Tanam Mundur, Menko Airlangga Sebut Bantuan El Nino Diperpanjang
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, meninjau gudang Bulog dan membagikan bantuan pangan el nino berupa beras kepada keluarga penerima bantuan pangan cadangan beras pemerintah di Desa Batu Cermin, Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (15/1/2024).(KOMPAS.com / VITORIO MANTALEAN)
11:28
15 Januari 2024

Warga NTT Curhat Musim Tanam Mundur, Menko Airlangga Sebut Bantuan El Nino Diperpanjang

- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, meninjau gudang Bulog dan membagikan bantuan pangan el nino berupa beras kepada keluarga penerima bantuan pangan cadangan beras pemerintah di Desa Batu Cermin, Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (15/1/2024).

Dalam kunjungan itu, Airlangga bertanya kepada beberapa perwakilan apakah bantuan el nino itu perlu diperpanjang atau tidak.

Beberapa warga berharap bantuan itu diperpanjang. Selain karena jumlah tanggungan yang banyak, mereka juga belum bisa mulai bercocok tanam, termasuk padi, karena hujan yang sangat jarang turun.

"Keadaan kami di sini, Pak, memang cuaca ini sedang tidak bersahabat dengan masyarakat karena tandus ini biasanya di bulan 1 ini sudah mulai tanam Pak," kata salah satu warga bernama Simpel.

"Prediksinya bulan 3 seharusnya sudah mulai panen, tapi sekarang bulan 1 hujannya belum turun juga, Pak sehingga kami sebagai masyarakat kewalahan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari," sambungnya.

Airlangga kemudian menyampaikan rencana pemerintah memperpanjang masa pemberian bantuan el nino hingga Juni 2024.

"Saya ingin juga menyampaikan bahwa ini program, Bapak Presiden kemarin dalam sidang kabinet paripurna meminta ini diperpanjang sampai bulan Juni," kata dia.

"Jadi Bapak/Ibu akan terima 10 kilogram beras, setiap bulan, sampai bulan Juni. Bapak/Ibu setuju tidak? Terima kasih tidak ke Pak Presiden? Dilanjutkan tidak program ini? Atau kita setop di bulan ini?," ungkap Ketua Umum Golkar itu.

"Lanjut, ya," pungkasnya.

Editor: Vitorio Mantalean

Tag:  #warga #curhat #musim #tanam #mundur #menko #airlangga #sebut #bantuan #nino #diperpanjang

KOMENTAR