Kejagung Periksa Sandra Dewi Terkait Kasus Dugaan Korupsi Harvey Moeis Hari Ini
Senyuman Sandra Dewi usai keluar dari mobil mewah Rolls-Royce Ghost Extended Wheelbase (Instagram)
10:12
4 April 2024

Kejagung Periksa Sandra Dewi Terkait Kasus Dugaan Korupsi Harvey Moeis Hari Ini

Kejaksaan Agung RI dijadwalkan akan memeriksa Sandra Dewi terkait kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan atau IUP PT Timah Tbk 2015-2022 yang menjerat suaminya, Harvey Moeis pada Kamis (4/4/2024) hari ini.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Dirdik Jampidsus), Kuntadi mengatakan Sandra Dewi diperiksa hari ini dengan status sebagai saksi.

"Iya kita panggil sebagai saksi," kata Kuntadi kepada wartawan, Kamis (4/4/2024).

:

Sebelumnya Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung RI, Ketut Sumedana menyampaikan bahwa penyidik akan memperoleh Sandra Dewi jika memang dianggap penting oleh untuk membuat terang perkara ini.

"Siapapun bisa dipanggil, termasuk tadi istrinya (Harvey Moeis)," kata Ketut di Kantor Kejaksaan Agung RI, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (3/4/2024).

Dalam perkara ini Kejaksaan Agung RI telah menyita mobil mewah Rolls Royce dan Mini Cooper milik Harvey Moeis. Mobil Rolls Royce tersebut diketahui merupakan hadiah ulang tahun ke 40 yang diberikan Harvey Moeis kepada Sandra Dewi

Kuntadi saat itu mengatakan mobil tersebut disita karena diduga hasil daripada tindak pidana korupsi. Penyitaan dilakukan bertepatan dengan penggeledahan yang dilakukan penyidik di kediaman Harvey Moeis di Pakubuwono, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (1/4/2024).

"Betul Rolls Royce dan Mini Cooper," kata Kuntadi kepada wartawan, Senin (1/4/2024) malam.

Di sisi lain Kuntadi menyatakan bahwa penyidik tidak menutup kemungkinan akan menerapkan pasal Tindak Pidana Pencucian Uang atau TPPU terhadap Harvey Moeis. Penerapan TPPU ini juga telah dilakukan kepada Helena Lim selaku tersangka.

"Setiap penanganan perkara tindak pidana korupsi kami selalu menelusuri juga potensi adanya TPPU. Sehingga itu sudah menjadi protap kami, TPPU sudah kita lakukan, bahkan Helena lim sudah kita sangkakan dalam TPPU, tidak tertutup kemungkinan terhadap HM (Harvey Moeis)," katanya.

"Sepanjang barang barang tersebut ada kaitannya menjadi alat atau merupakan hasil kejahatan, pasti akan kami lakukan penyitaan," pungkasnya.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #kejagung #periksa #sandra #dewi #terkait #kasus #dugaan #korupsi #harvey #moeis #hari

KOMENTAR