Indonesia Berikan Diskon Tarif Tol 20 Persen, Malaysia Gratiskan Biaya Tol di Hari Raya Idul Fitri
Suasana arus lalu lintas di jalan tol. (ATI/Antara)
12:48
2 April 2024

Indonesia Berikan Diskon Tarif Tol 20 Persen, Malaysia Gratiskan Biaya Tol di Hari Raya Idul Fitri

Pemerintah Malaysia melalui rapat kabinet pada tanggal 7 Februari, telah sepakat untuk memberikan pembebasan tarif tol selama dua hari khusus untuk kendaraan Golongan 1 atau kendaraan pribadi pada tanggal 8 dan 9 April.

Pembebasan tarif tol di Malaysia akan diberikan di semua plaza tol kecuali di plaza tol perbatasan, yaitu Plaza Tol Gedung Sultan Iskandar (BSI) dan Plaza Tol Tanjung Kupang di Johor.

Hal ini dilakukan pemerintah Malaysia sebagai bentuk kepedulian dan kegembiraan bersama masyarakat Malaysia dalam merayakan Hari Raya Idul fitri.

Dilansir dari News Straits Times, pembebasan tarif tol di Malaysia akan diterapkan di semua jalan tol mulai pukul 12.01 pagi pada Senin, 8 April dan akan berakhir pada Selasa, 9 April pukul 23.59.

Biaya kompensasi yang dialokasikan oleh pemerintah Malaysia untuk memberikan fasilitas masyarakat ini sebesar RM37,6 juta atau sekitar Rp126,3 miliar.

Sedangkan di Indonesia akan memberikan diskon tarif tol sebesar 20 persen untuk Jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta menuju Semarang, Jawa Tengah dan sebaliknya pada periode arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Berbeda dengan Malaysia yang hanya membebaskan tarif tol untuk kendaraan Golongan 1, Indonesia memberlakukan potongan tarif tol untuk semua golongan kendaraan.

Disampaikan oleh Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, pemberian diskon tarif tol ini bertujuan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas dan menghindari penumpukan kendaraan pada tanggal tertentu yang diprediksi menjadi arus puncak mudik dan balik.

Diskon tarif tol ini akan berlaku dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada arus mudik dan dari GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang menuju GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada arus balik.

Teknis pemberlakuan potongan tarif tol ialah untuk semua golongan kendaraan dan hanya untuk kendaraan asal GT Cikampek Utama dan transaksi keluar di GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada periode arus mudik, yaitu mulai Rabu, 3 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 5 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Sementara itu untuk arus balik, diskon tarif tol hanya untuk kendaraan asal GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang dan transaksi keluar di GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB, hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #indonesia #berikan #diskon #tarif #persen #malaysia #gratiskan #biaya #hari #raya #idul #fitri

KOMENTAR