Tinjau Pelabuhan Merak, Kapolri Minta Warga Hindari Puncak Arus Mudik!
Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo memberi keterangan kepada awak media, Senin (1/4/2024). [Suara.com/Yandi Sofyan]
22:16
1 April 2024

Tinjau Pelabuhan Merak, Kapolri Minta Warga Hindari Puncak Arus Mudik!

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo menghimbau agar masyarakat untuk menghindari bepergian saat puncak arus mudik dengan mudik lebih awal sebelum H-5 dan H-5 libur lebaran 2024. Hal tersebut diungkapkan Kapolri saat meninjau Pelabuhan Merak, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten.

Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, akan ada peningkatan jumlah pemudik sebesar 65 persen di arus mudik lebaran 2024 atau Lebaran Idul Fitri 1445H dibanding tahun lalu berdasarkan survei yang dilakukan oleh Kementrian Perhubungan.

"Tentunya kami menghimbau, mudiknya bisa berjalan dengan aman dan lancar, agar apabila tidak ada kegiatan bisa melaksanakan mudik lebih awal dan lebih cepat," kata Listyo disela-sela meninjau Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Senin (1/4/2024).

"Tentunya kita harapkan di puncak arus mudik bisa memanfaatkan waktu, bisa mengatur waktu untuk menghindari puncak arus mudik," imbuhnya.

Kata Listyo, dirinya turut meminta kepada masyarakat untuk tidak melakukan mudik saat malam hari dan lebih memilih siang hari agar lebih aman dalam perjalanan ke tempat tujuan.

"Yang biasa melaksanakan kegiatan (mudik) malam hari, mungkin bisa bergeser ke siang hari, dan tentunya untuk pengamanan," ujarnya.

Meski begitu, Listyo menegaskan, masyarakat bisa meminta bantuan aparat kepolisian setempat untuk dikawal dalam perjalanan bila terpaksa harus mudik di malam hari bila merasa jalan yang akan dilalui rawan kejahatan dan rawan kecelakaan.

"Yah apabila masyarakat merasa bahwa gejala perjalanannya di wilayah tertentu, ada gangguan kejahatan, silahkan melapor ke pos-pos terdekat, dan kita akan persiapkan pengawalan, termasuk di jalur-jalur yang banyak lakalantas," tandasnya.

Kontributor : Yandi Sofyan

Editor: Hairul Alwan

Tag:  #tinjau #pelabuhan #merak #kapolri #minta #warga #hindari #puncak #arus #mudik

KOMENTAR