Kutuk Serangan Teroris di Moskow Rusia, Menko Polhukam: Sungguh Tidak Beradab
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengutuk serangan terorisme yang terjadi di Moskow, Rusia. (Suara.com/Dea)
19:24
25 Maret 2024

Kutuk Serangan Teroris di Moskow Rusia, Menko Polhukam: Sungguh Tidak Beradab

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengutuk serangan terorisme yang terjadi di Moskow, Rusia.

Terlebih, lanjut Hadi, serangan yang dilaporkan dilakukan oleh ISIS itu terjadi di malam Ramadhan.

“Menyikapi peristiwa yang terjadi di Moskow, pemerintah mengutuk serangan teror di Moskow, Rusia yang telah mengakibatkan ratusan korban jiwa,” kata Hadi di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (25/3/2024).

“Aksi teror merupakan tindakan yang sungguh tidak beradab, apapun alasannya karena mengorbankan pihak-pihak yang tidak berdosa. Apalagi dilakukan di bulan Ramadhan yang penuh rahmat dan berkah ini,” tambah dia.

Pada kesempatan yang sama, Hadi menyampaikan duka cita yang mendalam terhadap korban jiwa akibat serangan yang terjadi pada Jumat (22/3/2024) waktu setempat.

Sebelumnya dikabarkan, serangan teroris terjadi di Rusia. Sejumlah penyerang menyerbu gedung konser Crocus City Hall, Moskow pada Jumat (22/3) waktu setempat.

Melansir dari laporan AP, kelompok teroris ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan mematikan tersebut. Pihak Amerika Serikat sebelumnya telah mengetahui informasi intelejen akan rencana serangan teroris di Rusia.

Menurut laporan intelejen Amerika Serikat itu, cabang kelompok ISIS merencakan serangan di Moskow. Laporan ini diklaim pihak Amerika Serikat telah diberikan ke pihak Rusia sebelum terjadinya serangan.

Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api besar yang membakar pusat perbelanjaan dan hiburan Mega Khimki di pinggiran utara Moskow, Rusia, Jumat (9/12/2022). [Alexander NEMENOV / AFP]Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api besar yang membakar pusat perbelanjaan dan hiburan Mega Khimki di pinggiran utara Moskow, Rusia, Jumat (9/12/2022). [Alexander NEMENOV / AFP]

Di platform sosial media X beredar video detik-detik saat para teroris melakukan serangan brutal kepada warga sipil. Terlihat dalam video, penyerang menembak para korban dengan sadis. Teroris masuk ke dalam gedung teater yang dipenuhi para warga sipil dan mulai menembak dengan senjata serbu.

Akibat serangan teroris tersebut, gedung konser juga dibakar dan membuat atap runtuh. Menurut laporan media lokal setempat, ini menjadi serangan teroris paling mematikan di Rusia dalam beberapa tahun terakhir.

Komite Penyelidikan Rusia pada Sabtu (23/3/2024), mengatakan jumlah korban tewas dalam serangan itu bertambah menjadi 133 orang.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #kutuk #serangan #teroris #moskow #rusia #menko #polhukam #sungguh #tidak #beradab

KOMENTAR