Polri Siapkan 55 Ribu Pos Pengamanan Selama Masa Mudik Lebaran 2024
Ilustrasi mudik menggunakan kendaraan pribadi. 
14:01
25 Maret 2024

Polri Siapkan 55 Ribu Pos Pengamanan Selama Masa Mudik Lebaran 2024

Polri menyiapkan puluhan ribu pos pengamanan hingga pelayanan selama masa mudik Lebaran 2024 yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hal ini dikatakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayan (Menko PMK), Muhadjir Effendy setelah melakukan Rapat Koordinasi (rakor) Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (25/3/2024).

"Polri telah menyiapkan posko sebanyak 55.784 pos pengamanan, pelayanan, dan pelayanan terpadu," kata Muhadjir kepada wartawan.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan nantinya puluhan ribu posko tersebut akan melakukan pengamanan dan pelayanan terhadap pemudik yang diprediksi meningkat 50 persen lebih pada tahun ini.

"Sebagaimana disampaikan pak menko pmk bahwa mudik 2024 kali ini terjadi peningkatan kurang lebih 56 persen dibandingkan dengan mudik 2023, artinya tentu untuk mudik kali ini kita persiapkan strategi terkait rekayasa lalu lintas yang akan dilaksanakan," ucapnya.

Sigit mengatakan dalam Operasi Ketupat 2024 yang digelar mulai 4-16 April, akan ada juga ratusan ribu personel gabungan yang akan disiagakan untuk mengamankan sebelum hingga sesudah hari raya.

"Karena itu tentunya penggelaran pasukan, tadi sudah disampaikan oleh beliau, hal ini merupakan penggelaran yang cukup besar, kurang lebih 155.165 personel yang terlibat di dalam ada stakeholder terkait, sejumlah 68.969 personel," tuturnya.


Jalur Mudik Diklaim Sudah Siap

Korlantas Polri mengatakan kondisi jalur mudik Lebaran 2024 sudah cukup baik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445H.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Raden Slamet Santoso mengatakan pihaknya bersama stakeholder terkait terus melakukan pengoptimalan jalur agar masyarakat bisa mudik dengan nyaman.

"Kesiapan (jalur mudik) dari dinas terkait sudah 98 persen sudah oke, dari mulai kondisi jalan baik itu jalan tol, maupun non tol, hingga arteri," kata Slamet dalam diskusi di DPR RI, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2024).

Selain itu, kata Slamet, tempat sarana dan prasarana khususnya di pelabuhan-pelabuhan yang menjadi tempat penyeberangan pemudik juga dalam pengoptimalan.

Namun secara umum, Slamet mengatakan pihaknya bersama stakeholder terkait lainnya sudah siap dalam melayani dan memberi rasa aman kepada para pemudik nantinya.

"Termasuk pelabuhan, mulai dari pelabuhan Merak, Bakauheni, Gilimanuk, Ketapang itu  juga sudah siap," jelasnya.

Editor: Muhammad Zulfikar

Tag:  #polri #siapkan #ribu #pengamanan #selama #masa #mudik #lebaran #2024

KOMENTAR