Reaksi Bea Cukai Usai Darius Sinathrya Kritik Keras soal Aturan Pembatasan Barang Bawaan yang Bikin Ribet
Darius Sinathrya (Dok/JawaPos.com)
20:32
23 Maret 2024

Reaksi Bea Cukai Usai Darius Sinathrya Kritik Keras soal Aturan Pembatasan Barang Bawaan yang Bikin Ribet

      Aturan Bea Cukai yang melakukan pembatasan barang bawaan saat bepergian ke luar negeri atau datang dari luar mendapat tanggapan dari aktor Darius Sinathrya.Dia menyayangkan aturan itu justru bikin ribet seolah memposisikan warga negara bukan sebagai manusia yang merdeka alias seperti tahanan.  

  Menurut Darius Sinathrya, aturan  yang awalnya untuk menertibkan jastip itu justru bikin ribet serta merugikan para penumpang secara keseluruhan. Saking kesalnya Darius, dia membuat pernyataan hiperbolis  kenapa tidak sekalian saja bandaranya ditutup supaya tidak ada yang ke luar negeri lagi.   Kekesalan suami Donna Agnesia ini direspons pihak Bea Cukai. Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Bea Cukai, Nirwala Dwi Heryanto, menyatakan, pihaknya akan segera membuatkan rilis resmi untuk memberikan tanggapan terkait hal tersebut.   "Tunggu siaran pers yang akan segera dirilis ya," ujar Nirwala kepada JawaPos.com, Sabtu (23/3).   Kekesalan Darius Sinathrya ini bermula setelah membaca unggahan Ismail Fahmi selaku Founder Drone Emprit yang memberikan penjelasan terkait aturan baru yang diberlakukan Bea Cukai.   Dalam unggahannya di media sosial X, Ismail Fahmi menyatakan bila hendak bepergian ke luar negeri, dalam aturan Bea Cukai, tidak bisa langsung ke 'departure' setibanya di bandara. Melainkan harus ke 'arrival' terlebih dahulu untuk tujuan melaporkan barang apa saja yang akan dibawa ke luar negeri.   "Habis itu akan dikasih dokumen persetujuan membawa barang ke luar negeri. Dan akan dikawal hingga barang yang dilaporkan benar-benar dibawa ke luar negeri melalui terminal departure," jelas Ismail Fahmi.  

  "Pas balik, akan diperiksa apakah barang yang dilaporkan benar-benar dibawa kembali. Nah, kalau ada barang yang tidak dibawa kembali, apa dianggap ekspor dan kena bea ekspor? Jadi siapkan waktu lebih banyak. Kalau ternyata buru-buru, dan tidak sempat lapor, mungkin alamat barang-barang yang dibawa dianggap semua beli dari luar, dan harus bayar bea," imbuhnya. (*)            

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #reaksi #cukai #usai #darius #sinathrya #kritik #keras #soal #aturan #pembatasan #barang #bawaan #yang #bikin #ribet

KOMENTAR