PLN Buka Program Mudik Asyik Bersama BUMN, Ini Jumlah Kuota, Ketentuan, serta Cara Daftarnya
Pemberangkatan Mudik Asyik Bersama BUMN tahun lalu/Antara
09:56
17 Maret 2024

PLN Buka Program Mudik Asyik Bersama BUMN, Ini Jumlah Kuota, Ketentuan, serta Cara Daftarnya

 - PT PLN (Persero) membuka pendaftaran untuk program ‘Mudik Asyik Bersama BUMN’, dengan kuota lebih dari 10 ribu orang, yang dapat diakses mulai Sabtu, 16 Maret 2024.

Program tahunan mudik yang diselenggarakan oleh PLN bersama Kementerian BUMN ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di kampung halaman mereka melalui penyediaan transportasi yang aman dan terjangkau.

Dikutip dari ANTARA, Minggu (17/3), menurut Direktur Utama PLN (Persero) Darmawan Prasodjo, PLN menyediakan lebih dari 10 ribu kuota mudik yang tersebar di seluruh Indonesia.

"PLN menyediakan lebih dari 10 ribu kuota mudik yang tersebar di seluruh Indonesia," kata Direktur Utama PLN (Persero) Darmawan Prasodjo dalam keterangan resmi yang disampaikan di Jakarta, Sabtu.

Program ini merupakan bagian dari agenda rutin tahunan yang diadakan bersama-sama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Darmawan menjelaskan bahwa Program ‘Mudik Asyik Bersama BUMN’ bertujuan untuk mengatasi tingginya risiko kecelakaan pada pemudik yang menggunakan sepeda motor, serta untuk mereduksi emisi karbon dari penggunaan kendaraan pribadi.

Program ini juga diharapkan dapat meningkatkan keselamatan lalu lintas, terutama bagi kelompok rentan seperti perempuan, anak-anak, penyandang disabilitas, dan orang tua, serta mengurangi kepadatan lalu lintas selama prosesi mudik.

PLN menyediakan moda transportasi bus, kapal laut, dan kereta api yang aman dan nyaman untuk seluruh peserta, dengan harapan dapat mengurangi kemacetan dan polusi udara.

Untuk memudahkan pendaftaran, PLN mengajak seluruh masyarakat yang berminat untuk mengunduh aplikasi PLN Mobile.

Mekanisme pendaftarannya mencakup pengisian data diri dengan sebenar-benarnya, serta mentransfer uang jaminan sebesar Rp100.000 per orang, yang akan dikembalikan dalam bentuk voucher listrik.

Pendaftaran ulang dan konfirmasi akan dilakukan pada tanggal 25 Maret hingga 4 April 2024, untuk memastikan jurusan keberangkatan.

Keberangkatan dari Jakarta direncanakan serentak pada tanggal 5 April 2024, dengan pengambilan ‘mudik kit’ dan pengembalian jaminan dilakukan di kantor PLN Pusat.

Bagi pemudik dengan armada kereta api akan diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen, sementara armada bus akan berangkat dari Kantor PLN Pusat dan Monas.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #buka #program #mudik #asyik #bersama #bumn #jumlah #kuota #ketentuan #serta #cara #daftarnya

KOMENTAR