Polisi Dalami Motif Pelaku Ancam Tembak Anies Baswedan
Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Sandi Nugroho, Sabtu (13/1/2024).(KOMPAS.com / VITORIO MANTALEAN)
13:28
13 Januari 2024

Polisi Dalami Motif Pelaku Ancam Tembak Anies Baswedan

- Tim gabungan dari Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Mabes Polri bekerja sama dengan Polda Jawa Timur telah menangkap pelaku yang mengancam akan menembak calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan di Jember, Sabtu (13/1/2024).

Saat ini, polisi masih mendalami motif pelaku berinisial AWK (23) menyampaikan ancaman melalui media sosial.

"Lebih dalam, mohon waktu saat ini tim tengah mendalami, baik untuk motifnya," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Sandi Nugroho kepada wartawan, Sabtu siang.

Sandi menyebutkan, AWK akan diperiksa lebih lanjut di Mapolda Jawa Timur.

Tim polisi masih dalam perjalanan menuju Surabaya, Jawa Timur, bersama pelaku setelah penangkapan pada pukul 09.30 WIB.

"Dia (pelaku) sudah mengakui untuk itu. Pengakuannya sudah ada bahwa benar dia yang mencuitkan, dia yang punya akun tersebut," kata Sandi.

Menurut Sandi, AWK menyampaikan ancaman penembakan melalui akun TikTok @calonistri71600. AWK telah mengakui akun itu miliknya.

Penelusuran Kompas.com pada Sabtu siang, akun TikTok dengan foto profil bergambar Prabowo Subianto itu telah dibatasi aksesnya menjadi privat, sehingga tidak diketahui kalimat ancaman yang disampaikan.

Hingga berita ini ditayangkan, AWK belum berstatus tersangka. Polisi baru mengamankan alat bukti terkait perbuatan AWK, yaitu ponsel pelaku.

Sandi mengatakan, penangkapan AWK bukan berdasarkan laporan resmi dari pihak mana pun, termasuk dari Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

"Sampai dengan saat ini, memang belum ada (laporan) secara resmi, tapi ini menjadi bagian dari tugas kepolisian," kata dia.

Ia juga mengatakan, sejauh ini, belum ada dugaan AWK berafiliasi dengan partai politik ataupun pasangan capres-cawapres mana pun.

Sebelumnya diberitakan, Anies mendapat sejumlah ancaman di media sosial setelah penampilannya dalam debat capres, Minggu (7/1/2024), menuai reaksi negatif kubu Prabowo Subianto.

Informasi ancaman terkuak dari cuitan pemilik akun X @sleepyiysloth yang mengunggah tangkapan layar berupa komentar di platform TikTok dengan komentar ancaman penembakan.

Editor: Vitorio Mantalean

Tag:  #polisi #dalami #motif #pelaku #ancam #tembak #anies #baswedan

KOMENTAR