Jawab Kabar Jokowi Masuk Golkar, Bamsoet Bilang Begini
Jokowi (setneg.go.id)
16:08
8 Maret 2024

Jawab Kabar Jokowi Masuk Golkar, Bamsoet Bilang Begini

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Bambang Soesatyo alias Bamsoet, memberikan tanggapannya soal isu Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi merapat ke partainya. 

Bamsoet tak menjawab secara tegas ketika ditanya soal peluang Jokowi merapat ke Golkar. Ia memilih menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada Jokowi sendiri. 

"Tanya pak Jokowi lah, hehe," kata Bamsoet ditemui di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (8/3/2024). 

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (bidik layar)Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (bidik layar)

Kendati begitu, ia menyatakan, jika Partai Golkar tetap terbuka menampung siapa saja tokoh yang ingin bergabung. 

Terlebih Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto juga sudah membuka pintunya. 

"Kalau Golkar sih terbuka. Sebagaimana posisi ketua umum kami, maka kita sebagau partai terbuka menerima siapa saja," tuturnya. 

Isu Jokowi Masuk Golkar

Sebelumnya, isu Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal masuk ke Partai Golkar kembali mencuat. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto merespons hal itu. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menyambut baik jika Jokowi masuk Golkar. Menurutnya, Jokowi adalah tokoh nasional yang menjadi milik semua partai. 

Presiden Joko Widodo melakukan olahraga bersama dengan Menko Perekonomian sekaligus Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu (6/1/2024). (ANTARA/HO-Istana Kepresidenan)Presiden Joko Widodo melakukan olahraga bersama dengan Menko Perekonomian sekaligus Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu (6/1/2024). (ANTARA/HO-Istana Kepresidenan)

"Pak Jokowi kan tokoh nasional, jadi dia milik semua partai," kata Airlangga melansir Antara, Senin (26/2/2024). 

Disoal ada atau tidaknya pembicaraan formal terkait rencana bergabungnya Jokowi ke Golkar, Airlangga kembali menekankan bahwa Jokowi milik semua partai. 

"Seperti saya katakan, (Jokowi) tokoh nasional, ya, dimiliki semua partai," ucapnya. 

Sementara itu, politikus Partai Golkar yang juga Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia mengaku tidak mengetahui adanya isu tersebut. 

"Enggak saya dengar itu. Engggak ada itu (Jokowi gabung ke Partai Golkar)," ungkap Bahlil. 

Diketahui, saat ini status Jokowi di PDI Perjuangan memang tidak jelas. Selain itu, Jokowi juga dekat dengan semua parpol koalisi Prabowo-Gibran. Selain Golkar, PAN juga pernah menyebut Jokowi sebagai bagian dari PAN.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #jawab #kabar #jokowi #masuk #golkar #bamsoet #bilang #begini

KOMENTAR