Valid Bukan Puan Maharani! Penyebab Mic Anggota DPR Tiba-tiba Mati Ternyata Gegara Ini
Ketua DPR RI Puan Maharani. ANTARA/HO-DPR.
11:44
7 Maret 2024

Valid Bukan Puan Maharani! Penyebab Mic Anggota DPR Tiba-tiba Mati Ternyata Gegara Ini

Politisi PDIP yang juga ketua DPR RI Puan Maharani kerap dituding sering memantikan microphone anggota Dewan saat sidang di Senayan.

Namun rupanya, bukan Puan yang jadi penyebab mic anggota Dewan tiba-tiba mati saat mengutarakan pendapat di sidang DPR.

Anggota DPR RI yang juga politisi Gerindra, Habiburokhman beberkan penyebab yang bisa mic anggota Dewan mati seketika saat mengutarakan pendapat.

Lewat unggahan video di akun Instagram miliknya, Habiburokhman menunjukkan microphone yang ada di mejanya. "Guys ini cara kerja mikrofon di DPR," tulis Habiburokhman di postingan videonya itu, Kamis (7/3).

Rupanya mic yang ada di meja anggota DPR RI itu memiliki sistem sendiri. Setiap anggota Dewan diberikan jatah waktu bicara selama 5 menit. Di tab yang ada di meja anggota Dewan akan terlihat batas waktu saat ia sedang berbicara.

"Ada yang bicara nih, ada menitnya langsung berkurang. Jadi begitu habis 5 menit jatah berbicara, maka otomatis mati," jelas Habiburokhman.

Pada video yang diunggah oleh Habiburokhman, terlihat Herman Khaeron dari fraksi Demokrat sedang berbicara. Di bawah politisi Demokrat itu, terdapat dua nama anggota Dewan lain yang selanjutnya akan berbicara.

"Jadi kalau ada anggota DPR bicara tiba-tiba mikrofon mati, bukan karena dimatiin dari depan sana. Memang sistemnya mengatakan demikian," jelas politisi Demokrat itu.

"Nih pak Herman Khaerron udah 3 menit 54 detik, waktu terus berkurang," tambah Habiburokhman lagi.

Video ini pun mendapat banyak komentar dari netizen. Salah satu netizen bahkan mengutarakan nyesel pernah hujat Puan Maharani lantaran masalah mic mati anggota DPR.

"Apa kabar yang ngehujat Bu puan... Btw gw nyesel jadi orang jangan sok tau ya guys harus nyari info dulu, nah untung ada video ini," tulis salah satu netizen.

"Saya telah berdosa menuduh puan Maharani tukang matiin mic," sambung akun lainnya.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #valid #bukan #puan #maharani #penyebab #anggota #tiba #tiba #mati #ternyata #gegara

KOMENTAR