Soal Operasional Bandara Internasional Dhoho Kediri, Pemkab Beri Sinyal Bakal Dibuka Sebelum Hari Raya Idul Fitri
Bandara Internasional Dhoho Kediri./Radar Kediri
08:56
6 Maret 2024

Soal Operasional Bandara Internasional Dhoho Kediri, Pemkab Beri Sinyal Bakal Dibuka Sebelum Hari Raya Idul Fitri

 

 Operasional Bandara Internasional Dhoho Kediri jadi salah satu proyek infrastruktur yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kediri dan daerah Mataraman.

Sebab, kebaradaan Bandara Internasional Dhoho Kedir digadang-gadang mampu mendongkrak sektor perekonomian dan pariwisata di wilayah Kabupaten Kediri dan sekitarnya.

Terkait waktu pembukaan penerbangan komersial Bandara Dhoho, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur Nyono, buka suara.

Dilansir Radar Surabaya (JawaPos Grup), Rabu (6/3), Nyono memastikan, Bandara Dhoho Kediri akan mulai dioperasikan antara bulan Maret atau April 2024 mendatang.

Kepastian itu diungkapkannya usai Bandara Dhoho Kediri mendapatkan izin operasional dari Dirjen Kementerian Perhubungan Lalu Lintas Udara beberapa waktu lalu.

"Maret dan April ini akan dilakukan komisioning dari Dirjen lalu lintas udara. Kami pastikan sebelum lebaran sudah mulai operasional Bandara Kediri sehingga bisa digunakan untuk mudik lebaran," katanya

Nyono menambahkan, Bandara Dhoho Kediri juga tengah mempersiapkan perihal izin rute. "Infonya tinggal sedikit lagi, dan kami pastikan sebelum lebaran sudah bisa digunakan," ucapnya.

Dalam pernyataannya, Nyono menyebut Lion Grup menjadi salah satu perusahaan maskapai yang siap melakukan penerbangan di Bandara Dhoho Kediri.

"Super Air Jet sudah siap melayani rute Kediri-Jakarta untuk penerbangan komersil," jelasnya.

Nantinya, lanjut Nyono, bandara bertaraf internasional di Kediri itu akan ditangani langsung PT Angkasa Pura 2, dan berkerja sama dengan SDI (Surya Dhoho Investama).

Meskipun direncanakan akan melayani penerbangan internasional, Nyono menyebut,  tidak ada subsidi kepada maskapai yang melayani ini.

"Nantinya akan melayani setiap hari trayek pertama kali Kediri - Jakarta Lion Air, nanti juga ada maskapainya Super Air Jet," katanya.

Selain akan diusahakan untuk dapat melayani angkutan lebaran, Nyono menuturkan bahwa, bandara juga akan melayani penerbangan jamaah umrah dan haji bagi 12 kabupaten di sekitar bandara.

"Jadi nanti wilayah 12 kabupaten/kota tadi tidak perlu ke Bandara Juanda, namun kami sudah berusaha untuk mengadakan angkutan pemandu moda dari Bandara Dhoho di Kediri ke Bandara Juanda dan di seluruh 12 kabupaten/kota itu ada angkutan pemandu moda," jelasnya.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #soal #operasional #bandara #internasional #dhoho #kediri #pemkab #beri #sinyal #bakal #dibuka #sebelum #hari #raya #idul #fitri

KOMENTAR