Purwanto Sebut PSI Bisa Peroleh Tujuh Kursi di DPRD Papua Barat
Ketua DPW PSI Papua Barat, Purwanto mengatakan, peningkatan ini tentunya tidak lepas dari peran Ketua Umum Kaesang Pangarep.
20:24
3 Maret 2024

Purwanto Sebut PSI Bisa Peroleh Tujuh Kursi di DPRD Papua Barat

 

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengalami peningkatan signifikan dalam perolehan kursi DPRD di Papua Barat. Setidaknya tujuh kursi DPRD kabupaten dan provinsi.

Ketua DPW PSI Papua Barat, Purwanto mengatakan, peningkatan ini tentunya tidak lepas dari peran Ketua Umum Kaesang Pangarep. Selain itu kerja sama antar kader juga menjadi kunci peningkatan suara di Papua Barat.

“Ada Kaesang effect di sini, tapi terutama semangat para caleg dan kepemimpinan PSI di daerah,” kata Purwanto, Minggu (3/3).

Jika dibandingkan pada Pemilu 2019, lanjut Purwanto, PSI saat ini mengalami peningkatan sebesar 700 persen. Dari yang nol kursi di DPRD, kini berpotensi mendapatkan tujuh.

“2019 kita 0 kursi DPRD. Sekarang kita potensi dapat 7 kursi kabupaten dan bahkan provinsi,” jelasnya. 

Purwanto juga menerangkan, tujuh kursi tersebut tersebar di Kaimana, Teluk Wondama, Pegunungan Arfak, Manokwari, Teluk Bintuni dan Fak Fak. Kini, dia menegaskan, pihaknya akan terus mengawal suara yang dititipkan rakyat.

“Mudah-mudahan bisa kami kawal sampai selesai,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie menilai wajar adanya penambahan suara saat KPU melakukan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024.

Oleh karena itu, dia mengingatkan semua pihak agar tidak tendensius dalam menyikapi penambahan suara untuk PSI.

“Penambahan termasuk pengurangan suara selama proses rekapitulasi adalah hal wajar. Yang tidak wajar adalah apabila ada pihak-pihak yang mencoba menggiring opini dengan mempertanyakan hal tersebut,” kata Grace Natalie dalam siaran resmi PSI.

Dia menambahkan berbagai kemungkinan masih dapat terjadi selama KPU masih merekapitulasi suara para pemilih dalam Pemilu 2024.

Rekapitulasi suara sementara KPU menunjukkan PSI, partai yang saat ini dipimpin oleh Kaesang Pangarep, memperoleh 3,13 persen suara dari pemilihan anggota DPR RI per Sabtu pukul 12.00 WIB. Dalam periode waktu itu, suara yang terhitung mencapai 65,73 persen.

Dengan demikian, PSI hanya membutuhkan kurang dari satu persen suara, tepatnya 0,87 persen suara, untuk dapat mencapai ambang batas parlemen (parliamentary threshold) empat persen. Jika berhasil mencapai ambang batas, maka untuk pertama kalinya, PSI dapat menduduki kursi DPR RI di Senayan.

Editor: Dimas Ryandi

Tag:  #purwanto #sebut #bisa #peroleh #tujuh #kursi #dprd #papua #barat

KOMENTAR