Lewat Hari Sumpah Pemuda 2024, Isnanta Dorong Indonesia Maju dengan Kolaborasi Pemuda
Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 di TMII. (Kemenpora)
21:32
28 Oktober 2024

Lewat Hari Sumpah Pemuda 2024, Isnanta Dorong Indonesia Maju dengan Kolaborasi Pemuda

- Koordinasi strategis lintas sektor untuk pelayanan kepemudaan tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 43 Tahun 2022. Puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-96 tahun 2024 menjadi momen penting untuk mempercepat peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) agar Indonesia maju bersama.

Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Raden Isnanta, menjelang puncak acara HSP ke-96 yang mengusung tema besar “Maju Bersama Indonesia Raya.”

“Perpres koordinasi lintas sektor ini harus menjadi pendorong sinergi dan kolaborasi di momen HSP, karena pengembangan pemuda membutuhkan dukungan banyak Kementerian dan Lembaga. Pemuda harus maju di berbagai bidang, seperti ekonomi, sosial, pendidikan, dan olahraga,” kata Raden Isnanta.

Menurut Isnanta, sebanyak 28 Kementerian/Lembaga yang tercantum dalam Perpres diharapkan bersinergi untuk mencapai tujuan bersama. “Kata kunci tema HSP kali ini adalah ‘Bersama’, agar kita maju bersama,” ujarnya.

Isnanta berharap melalui HSP kali ini sinergi dan kolaborasi tidak hanya menjadi wacana. “Selama ini, koordinasi dan sinergi sering diucapkan, tetapi sulit dilaksanakan. Maka dari itu, dengan adanya Perpres dan momen HSP ini, diharapkan seluruh pemangku kepentingan dapat berperan aktif,” lanjutnya.

“Pemerintah daerah, provinsi, komunitas pemuda, dan organisasi kepemudaan telah diundang. Dengan berkumpulnya semua pihak dan mendengarkan pesan moral dari pimpinan negara, kami optimis bahwa koordinasi dan sinergitas akan terwujud,” tambah Isnanta.

Pria asal Kulon Progo ini menyampaikan bahwa tahun lalu adalah saat mematangkan rencana, dan kini saatnya melaksanakan aksi nyata. “Sekarang adalah waktu untuk bekerja bersama, berkoordinasi demi Indonesia Raya,” tegasnya.

Isnanta juga menekankan agar HSP kali ini tidak sekadar menjadi acara seremonial, melainkan diikuti dengan langkah konkret.

“Kami akan memastikan bahwa HSP bukan hanya seremonial. Setiap konten acara harus edukatif dan berorientasi pada kebijakan yang jelas,” ungkap Isnanta.

Dia juga berharap, seperti halnya Hari Olahraga Nasional yang menghasilkan kebijakan industri olahraga dan ekosistem olahraga, HSP kali ini akan membawa kebijakan yang relevan untuk kemajuan pemuda. Isnanta menutup dengan keyakinan bahwa tema HSP kali ini akan membangun kebersamaan dalam berkarya.

 

Editor: Dhimas Ginanjar

Tag:  #lewat #hari #sumpah #pemuda #2024 #isnanta #dorong #indonesia #maju #dengan #kolaborasi #pemuda

KOMENTAR