Selain SYL, Polisi Juga Periksa Mantan Ajudan dan Pengawal Pribadi Firli Bahuri Hari Ini
Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo selesai diperiksa dalam kasus dugaan pemerasan yang dilakukan oleh eks Ketua KPK, Firli Bahuri di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (11/1/2024) malam 
13:37
12 Januari 2024

Selain SYL, Polisi Juga Periksa Mantan Ajudan dan Pengawal Pribadi Firli Bahuri Hari Ini

Polisi mengagendakan pemeriksaan saksi-saksi dalam kasus pemerasan yang dilakukan eks Ketua KPK, Firli Bahuri, Jumat (12/1/2024).

Adapun saksi yang kembali diperiksa yakni termasuk eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Bareskrim Polri.

"Saksi SYL kembali dipanggil oleh Tim Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya untuk kepentigan pemeriksaan memberikan keterangan tambahan di ruang riksa Dittipidkor Bareskrim Polri (lantai 6 gedung Bareskrim)" kata Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak.

Selain SYL, Ade menyebut ada lima saksi lain yang juga diperiksa penyidik hari ini.

Dua diantaranya adalah ajudan dan pengawal pribadi (walpri) Firli Bahuri.

Namun untuk tiga orang saksi lainnya, Ade tak menyebutnya secara rinci.

"Penyidik juga memanggil lima orang saksi lainnya untuk dimintai keterangan tambahan. Diantaranya eks ajudan tersangka FB yaitu Kevin dan eks Walpri tersangka FB yaitu Hendra," jelasnya.

Adapun tujuan pemeriksaan saksi-saksi tersebut yakni untuk melengkapi berkas perkara yang dinyatakan belum lengkap oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta.

"Adapun kegiatan penyidikan ini adalah dalam rangka pemenuhan petunjuk P19 JPU pada Kantor Kejati DKI Jakarta dalam penanganan perkara a quo," ucapnya.

Akan Dikonfrontir

Nantinya SYL akan kembali dikonfrontir dengan sejumlah saksi lainnya sekira pukul 14.00 WIB.

"Iya betul, hari ini rencana jam 2 siang pemeriksaan konfrontir di Bareskrim Mabes Polri," kata Kuasa Hukum SYL, Jamaludin Koedoeboen saat dihubungi, Jumat.

Namun, belum diketahui siapa saja saksi yang akan dikonfrontir dengan SYL terkait kasus yang menjerat Firli Bahuri tersebut.

Jamaludin hanya memastikan kliennya akan hadir dalam pemeriksaan hari ini dengan pengawalan dari penyidik KPK.

"Beliau konfirm hadir," ucapnya.

SYL sebelumnya kembali diperiksa pada Kamis (11/11/2024) kemarin dengan agendan konfrontasi dengan sejumlah saksi lainnya.

Saya kira ada kurang lebih ada sekitar 6 orang lah yg dikonfrontir terkait dengan beberapa poin dari penyitaan-penyitaan yang sudah disampaikan oleh SYL maupun yang lain," kata Kuasa Hukum SYL, Jamaludin Koedoeboen kepada wartawan di Bareskrim Polri, Kamis malam.

Dalam hal konfrontir, SYL juga mengaku sudah ada sinkronisasi terkait peristiwa pemerasan yang dilakukan oleh Firli Bahuri.

"Menurut klien kami sudah ada sinkronisasi dari berbagai macam penyitaan maupun juga jawaban dari BAP yang dari masing-masing itu yang mengerucut kepada apa yang menjadi substansi dari permasalahan yg memang betul-betul saat ini penyidik ingin mendapatkan poin itu," jelasnya.

Meski begitu Jamaludin enggan membeberkan soal sejumlah saksi yang dikonfrontir oleh kliennya soal kasus tersebut karena merupakan ranah penyidik.

SYL sendiri keluar dari gedung Bareskrim Polri sekira pukul 22.53 WIB Polri setelah hampir 13 jam oleh penyidik gabungan Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri.

Dalam pemeriksaan yang sudah beberapa kali ini, SYL mengaku sudah buka-bukaan terkait apa yang dia ketahui dalam peristiwa pemerasan tersebut.

"Terima kasih kalian sudah menunggu sampai malam. Apa yang diminta oleh penyidik dll sudah saya sampaikan sampai tengah malam ini. Saya kira ini utk kesekian kalinya. Saya kira itu," kaya SYL di Bareskrim Polri, Kamis malam.

Editor: Hasanudin Aco

Tag:  #selain #polisi #juga #periksa #mantan #ajudan #pengawal #pribadi #firli #bahuri #hari

KOMENTAR