Google Doodle Rayakan Hari Kabisat 2024! Intip Cerita Menariknya
Tampilan Google Doodle hari ini 29 Februari 2024 'Leap Day 2024', rayakan hari kabisat (Amin Fauzie/Radar Tuban)
11:48
29 Februari 2024

Google Doodle Rayakan Hari Kabisat 2024! Intip Cerita Menariknya

 

 – Wajah Google Doodle hari ini tampak menarik dan menyenangkan, karena merayakan tibanya Hari Kabisat yakni 29 Februari 2024. Seperti diketahui, hari kabisat hanya datang empat tahun sekali.

Dalam pantauan JawaPos.com, halaman Google Doodle hari ini dihiasi dengan ilustrasi seperti di danau atau rawa-rawa, di mana terdapat tanaman teratai, batu, dan seekor katak hijau yang duduk di atas daun.

Sementara itu, umumnya, bulan Februari hanya berakhir sampai tanggal 28 saja. Namun lantaran untuk menyesuaikan penanggalan tahun astronomi, akhirnya dimunculkan tanggal 29 atau ditambah satu hari akhir bulan Februari.

Dilansir dari Radar Tuban (Jawa Pos Group), Kamis (29/2), kemunculan tanggal 29 di bulan Februari setiap empat tahun sekali ini resmi ada sejak diluncurkannya kalender Gregorian pada 1582 silam.

Secara umum, tampak tidak ada yang istimewa di tanggal 29 Februari. Namun bagi orang-orang terpilih yang lahir di tanggal ini, tentu menjadi hari yang luar biasa. Pasalnya, mereka mungkin hanya bisa merayakan ulang tahun empat tahun sekali.

Meski begitu, di beberapa negara ternyata ada yang menganggap 29 Februari sebagai hari yang spesial, keramat, atau bahkan hari sial.

Misalnya, di Skotlandia, siapapun yang lahir di tanggal 29 Februari dianggap tidak beruntung. Ada yang menganggap bahwa mereka yang lahir di tanggal tersebut, maka akan meninggal di hari yang sama pula.

Selain itu di Tiongkok, siappaun yang lahir di 29 Februari dipercaya sebagai anak yang tidak pandai berbisnis dan kehidupannya akan serba sulit.

Di Taiwan, anak perempuan yang sudah menikah tidak diperbolehkan pulang ke rumah orang tuanya pada bulan Kabisat. Hal itu karena dianggap akan membawa kesialan.

Cara Menentukan Tahun Kabisat atau Tidak

Masih banyak orang yang  bingung bagaimana memastikan tahun kabisat atau tidak, selain dari melihat kalender yang sudah pasti.

Berikut ini tips mudah mengetahui apakah suatu tahun termasuk tahun kabisat atau tidak:

- Jika angka tahun itu habis dibagi 400, maka tahun itu sudah pasti tahun kabisat.

- Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400 tetapi habis dibagi 100, maka tahun itu sudah pasti bukan merupakan tahun kabisat.

- Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100 akan tetapi habis dibagi 4, maka tahun itu merupakan tahun kabisat.

- Jika angka tahun tidak habis dibagi 400, tidak habis diba

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #google #doodle #rayakan #hari #kabisat #2024 #intip #cerita #menariknya

KOMENTAR