Pengalaman Pertama Naik Hercules, Nusron Wahid Berzikir, Menteri-menteri Berdoa Kencang
Menteri Keuangan Sri Mulyani membagikan momen saat berada di perut pesawat Hercules C130 J untuk berangkat mengikuti pembekalan di Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, Kamis (24/10/2024). Pesawat terbang dari Bandara Halim Perdana Kusuma di Jakarta Timur menuju Yogyakarta. 
07:32
25 Oktober 2024

Pengalaman Pertama Naik Hercules, Nusron Wahid Berzikir, Menteri-menteri Berdoa Kencang

Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Hafid menceritakan pengalaman dirinya dan para menteri Kabinet Merah Putih terbang menggunakan pesawat Hercules seri C130 J Super dari Jakarta menuju Magelang, Jawa Tengah, untuk mengikuti kegiatan pembekalan, Kamis, 24 Oktober 2024.

Menurut Meutya Hafid, bagi sebagian menteri, terbang menggunakan Hercules merupakan pengalaman pertama.

Sejumlah menteri berdoa dengan suara lebih kencang. "Saya dengar banyak yang doanya agak kencang suaranya," kata Meutya.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nusron Wahid misalnya, banyak berzikir selama perjalanan. "Di saamping saya Nusron Wahid tidak berhenti zikir," katanya.

Meutya mengatakan, sebagian menteri wajahnya tegang dalam penerbangan tersebut. "Banyak (yang tegang)," katanya.

Meskipun demikian, bagi Meutya perjalanan menggunakan Hercules bukan pengalaman baru bagi dirinya. Dia pernah naik Hercules untuk keperluan berangkat liputan saat masih menjadi jurnalis.

"Waktu jurnalis sudah pernah ke Aceh," ujarnya.


Kendati begitu, Meutya bersyukur lantaran pesawat mendarat dengan baik. Dia mengaku bisa tidur meski menaiki pesawat Hercules. 

"Kami sudah mendarat. Alhamdulillah. Saat ini seluruh menteri dan kepala lembaga dalam perjalanan ke Magelang menaiki bus bersama, tidak ada yang berkendara pribadi," ujarnya.

Dalam video yang beredar di media sosial Meutya Hafid terlihat duduk bersebelahan dengan Nusron Wahid. Meutya sempat berbincang dengan Nusron.

"Bagaimana penerbangan dengan Hercules," tanya Meutya.

"Pesawatnya di luar pesawat penerbangan komersial. Tapi mantap," ujar Nusron sembari memegang tasbih.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani juga membagikan momen menjadi salah satu penumpang Pesawat Hercules seri C130 J Super.

Sri Mulyani mengungkapkan, kebanggaannya bisa menaiki pesawat baru tercanggih milik TNI yang dibeli pakai APBN ini.

Selain itu, pesawat yang sama juga mengangkut bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk warga Gaza, Palestina.

Dia berharap, acara kumpul bersama Presiden Prabowo ini untuk menggalang kerja sama dan kekompakan di dalam kabinet baru ini. 

Presiden Prabowo Subianto membawa seluruh menteri dan wakil menteri serta pembantu presiden lainnya ke Akademi Militer di Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah, untuk mengikuti pembekalan atau retreat. 

Mereka diangkut menggunakan pesawat Hercules seri C130 J Super milik TNI dari Pangkalan Udara Halim Perdanaksuma, Jakarta Timur.

Menteri Keuangan Sri Mulyani membagikan momen saat berada di ruang pilot pesawat Hercules C130 J saat hendak mengikuti pembekalan di Akmil Magelang, Jawa Tengah, Kamis (24/10/2024). Menteri Keuangan Sri Mulyani membagikan momen saat berada di ruang pilot pesawat Hercules C130 J saat hendak mengikuti pembekalan di Akmil Magelang, Jawa Tengah, Kamis (24/10/2024). (IG Sri Mulyani)

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi bilang setelah menteri-menteri Prabowo naik pesawat Hercules, saat kembali ke Jakarta dari Magelang gantian para Wakil Menteri menumpang pesawat milik TNI AU tersebut untuk terbang ke Jakarta. 

"Nanti ketika kembali, para wamen yang akan punya pengalaman naik Hercules. Gantian," ujarnya.

Menurutnya, para anggota kabinet tampak bersemangat karena bagi sebagian mereka ini adalah kali pertama terbang menggunakan pesawat Hercules.

"Sebuah pengalaman baru naik pesawat dengan duduk menyamping dan berjajar panjang," ujarnya.

Penerbangan berlangsung selama 60 menit. Sampai di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, para anggota kabinet langsung dibawa menggunakan bus menuju perkemahan di Borobudur Country Club, Magelang. (Tribun Network/fik/rin/wly)

Editor: Choirul Arifin

Tag:  #pengalaman #pertama #naik #hercules #nusron #wahid #berzikir #menteri #menteri #berdoa #kencang

KOMENTAR