Perkumpulan Lembaga Dakwah Ingatkan Pemerintahan Prabowo-Gibran soal Izin Operasional Pesantren
Pengukuhan dan Musker Pengurus Perkumpulan Lembaga Dakwah dan Pendidikan Islam Indonesia (PULDAPII) 
23:19
23 Oktober 2024

Perkumpulan Lembaga Dakwah Ingatkan Pemerintahan Prabowo-Gibran soal Izin Operasional Pesantren

– Perkumpulan Lembaga Dakwah dan Pendidikan Islam Indonesia (PULDAPII) menyampaikan selamat atas dilantiknya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029. 

“Segenap pimpinan dan keluarga besar PULDAPII menyampaikan selamat dan sukses kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. Semoga limpahan rahmat dan barokah Allah Ta’ala senantiasa mengiringi setiap langkah Bapak berdua dalam memikul amamah dengan penuh tanggung jawab,” ujar Ketua Umum PULDAPII, KH Aslam Muhsin Abidin, melalui keterangan persnya, Rabu (23/10/2024).

Aslam menandaskan, PULDAPII siap mendukung program-program pemerintahan yang baru, khususnya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Menyongsong Indonesia Emas 2045, kekuatan SDM menjadi pondasi yang diharapkan tidak hanya unggul secara akademik dan skill, tetapi sekaligus juga berakhlaqul karimah. Selama satu dekade berkiprah, kami terus berikthiar melakukan berbagai upaya dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan Indonesia lebih maju dan sejahtera,” ungkapnya.

PULDAPII saat ini memiiki 115 lembaga anggota dari Aceh sampai Papua, yang meliputi pondok pesantren, sekolah, yayasan Islam, lembaga dakwah dan media Islam televisi dan radio. Jumlah ini akan terus ditingkatkan seiring dengan peningkatan kualitas dan penguatan sinergitas antar-anggota.

Pengurus PULDAPII mengapresiasi selama ini pemerintah memberikan perhatian terhadap dunia pendidikan dan dakwah sudah cukup baik. Di antaranya sudah adanya roadmap kemandirian pesantren yang memiliki sumber daya ekonomi yang kuat dan berkelanjutan, skema jangka panjang Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) kepada para santri, siswa, dan guru yang didanai dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). 

Bahkan, untuk para calon ulama, pemerintah menyediakan Beasiswa Pendidikan Kader Ulama ke jenjang magister dan doktoral yang dikelola Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) bekerjasama dengan Kementerian Agama, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dengan pembiayaan LPDP.

Program Penguatan dan Peningkatan SDM Pesantren (Degree/Non Degree) sebagai implementasi Undang-undang Pesantren dan regulasi turunannya juga terus dilakukan. Tahun ini pemerintah menyiapkan anggaran sekitar Rp250 miliar yang bersumber dari Dana Abadi Pesantren (LPDP-Kemenag) untuk program tersebut. Tunjangan untuk guru dari jenjang Raudhatul Athfal (RA) dan Madrasah sampai saat ini masih terus dikawal pencairan tunjangannya dan sebagainya.


Namun begitu, Sekjen PULDAPII Ustaz Basuni Iskandar menyoroti ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan perhatiannya, terutama soal ijin operasional pendirian pesantren dan madrasah, bahkan sekolah tinggi yang masih ada kendala, sulitnya perizinan dari regulator.

Kemudian soal Moratorium Ijop (Ijin Operasional Pendidikan) Sekolah Tinggi Keagamaan atau Ma’had Aly sebagai salah satu kelanjutan pendidikan Pesantren perlu ditinjau kembali kebijakannya.

Basuni juga berharap dunia dakwah dan berbagai ormas agar mendapatkan perhatian penuh tanpa memandang bulu.

“Kami sangat berharap adanya perbaikan yang signifikan terhadap pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tertua dan benteng terakhir umat yang sampai saat ini terus berkontribusi positif dalam mencerdaskan anak bangsa,” ujarnya.

PULDAPII yang baru saja melangsungkan pertemuan nasional (Multaqo) ke-14 memantapkan komitmen untuk terus meningkatkan partisipasi dan kolaborasi antar anggota dan mitra terkait. Sejumlah keputusan yang dihasilkan diantaranya, pembangunan gedung sekretaiat PULDAPII sebagai rumah bersama bagi 115 lembaga angota PULDAPII dari Aceh sampai Papua, meningkatkan kualitas guru ke jenjang pendidikan S-2 dan S-3 di dalam dan luar negeri.

Bekerjasama dengan MUI dalam mendapatkan Sertifikasi Da'i dengan menyertakan sebanyak mungkin anggota PULDAPII dan memperluas jangkauan anggota hingga pelosok nusantara melalui kegiatan roadshow pengurus dan menggelar Expo Pendidikan Nasional.

“Lahirnya Kabinet Merah Putih memunculkan harapan baru seperti sinar fajar di pagi hari yang cerah. Saatnya kita bergandeng tangan untuk membangun tanah air ini dengan energi positif dari seluruh komponen dan lapisan masyarakat,” tukasnya.

Editor: Acos Abdul Qodir

Tag:  #perkumpulan #lembaga #dakwah #ingatkan #pemerintahan #prabowo #gibran #soal #izin #operasional #pesantren

KOMENTAR