Hari Pertama Bertugas Para Menteri Baru: Hadi Temui Mahfud MD dan Gus Yahya, AHY Pimpin Rapim dan Kunker ke Sulut
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto saat bertemu Prof Mahfud MD di kediamannya, Jalan Taman Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (22/2). (Ridwan/JawaPos.com)
10:24
23 Pebruari 2024

Hari Pertama Bertugas Para Menteri Baru: Hadi Temui Mahfud MD dan Gus Yahya, AHY Pimpin Rapim dan Kunker ke Sulut

– Sehari setelah dilantik, kemarin (22/2) Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi (Polhukam) Hadi Tjahjanto bertemu dengan pendahulunya, Mahfud MD. Hadi juga sowan menemui Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf di kantor PBNU.

Hadi menyatakan, Gus Yahya dan Mahfud MD merupakan seniornya. Apalagi, Mahfud adalah Menko Polhukam sebelum dirinya. Hadi ingin mengetahui lebih dalam tugas dan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Juga memastikan kondusivitas hingga pelantikan presiden-wakil presiden terpilih. ”Beliau memberikan arahan dan gambaran banyak sekali, yang tentunya harus saya tindak lanjuti,” katanya di kediaman Mahfud MD.

Mantan panglima TNI itu mendapat informasi yang terperinci. Termasuk yang terkait dengan kerja-kerja Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (Satgas BLBI), RUU Mahkamah Konstitusi (MK), dan masalah HAM.

Di tempat yang sama, Mahfud percaya penggantinya di Kemenko Polhukam itu mampu melaksanakan tugas-tugas negara. ”Saya sudah tahu Pak Hadi sangat cakap untuk melakukan (tugas di Kemenko Polhukam, Red). Saya tidak memberi kiat-kiat, tetapi memberi (informasi) substansi masalahnya,” papar Mahfud.

Terpisah, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf memastikan akan mendukung tugas prioritas Kemenko Polhukam untuk menjaga kondisi dan situasi sampai pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. ”NU siap kerja sama dengan Kemenko Polhukam untuk mengupayakan semua yang perlu dilakukan dalam menjaga kondusivitas,” ujar dia.

Sementara itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono tancap gas dengan mengadakan rapat pimpinan (rapim) pada hari pertama kerja. Meski rapim berlangsung tak lama, AHY menyampaikan sejumlah hal untuk bisa dicatat jajarannya.

Memulai rapat pada pukul 09.30, AHY langsung menyampaikan permohonan maaf tidak bisa mengikuti rapim hingga rampung. Sebab, dia mendadak diundang Presiden Joko Widodo untuk kunjungan kerja meresmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara.

Sementara itu, setiba di Sulawesi Utara, AHY langsung melaksanakan kunjungan kerja (kunker) pertamanya. AHY bertemu dan berdialog secara langsung dengan masyarakat. Dia juga menyerahkan 105 sertifikat tanah di Kelurahan Malalayang Dua, Kota Manado. (syn/mia/c14/fal)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #hari #pertama #bertugas #para #menteri #baru #hadi #temui #mahfud #yahya #pimpin #rapim #kunker #sulut

KOMENTAR