Danrem Sebut Ada Opsi Prabowo Tumpangi Helikopter saat Bertolak ke Magelang untuk Pembekalan Menteri
Presiden Prabowo Subianto menunggu perwakilan delegasi negara di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2024). Usai dilantik, Presiden Prabowo Subianto menerima sejumlah perwakilan delegasi negara. Ada dua opsi terkait moda transportasi yang digunakan Prabowo untuk menuju ke Magelang. Salah satunya adalah menumpangi helikopter. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 
15:38
23 Oktober 2024

Danrem Sebut Ada Opsi Prabowo Tumpangi Helikopter saat Bertolak ke Magelang untuk Pembekalan Menteri

Presiden Prabowo Subianto bakal menggelar kegiatan pembekalan bersama menteri Kabinet Merah Putih di Magelang, Jawa Tengah pada 25-27 Oktober 2024 mendatang.

Berbagai persiapan untuk menyambut Prabowo dan para menteri pun terus dikebut.

Adapun salah satu yang turut disiapkan adalah terkait moda transportasi yang bakal digunakan Prabowo untuk bertolak ke Magelang.

Menurut laporan jurnalis Tribun Jogja, Yuwantoro Winduajie, ada dua opsi yang dapat dipilih terkait moda transportasi yang bakal dipakai Prabowo.

Berdasarkan wawancaranya dengan Komandan Resor Militer (Danrem) 072/Pamungkas, Brigjen TNI Zainul Bahar, dua opsi yang dimaksud adalah Prabowo bisa menggunakan jalur darat atau menumpangi helikopter.

Dia juga menyebut perjalanan Prabowo ke Magelang bakal dimulai dari Bandara Adi Sucipto, DI Yogyakarta.

"Kemudian untuk rute Presiden sendiri dimulai dari Bandara Adi Sucipto di Yogyakarta. Kemudian, nanti Presiden ada dua opsi untuk menuju Magelang yaitu jalur darat atau menggunakan helikopter," kata Yuwantoro dikutip dari Live Update di YouTube Tribunnews pada Rabu (23/10/2024).

Namun, terkait kapan Prabowo tiba di Magelang, Yuwantoro menyebut belum bisa dipastikan.


Hal tersebut, katanya, bergantung dari agenda Prabowo di Jakarta. Yuwantoro menyebut hal itu juga berlaku bagi para menteri.

"Untuk terkait jadwal kedatangan menteri masih bersifat tentatif. Belum ada informasi resmi maupun pihak yang memastikan waktu kedatangan Presiden dan menteri karena itu bergantung agenda Presiden di Jakarta," jelasnya.

Persiapan Kegiatan: 4000 Personel Diterjunkan hingga Akmil Dirikan 120 Tenda 

Berbagai pihak seperti Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang, kepolisian, hingga Akademi Militer (Akmil) pun terus mengebut terkait persiapan kegiatan pembekalan para menteri Prabowo ini.

Akmil telah menyiapkan 120 tenda untuk kegiatan menteri Prabowo. 

Dikutip dari Tribun Jogja, Kepala Penerangan dan Humas Akmil, Letkol (Inf) Muhammad Jafar melalui Kasi Penerangan Umum Akmil, Kapten (Cke) Nurul Muntaha menuturkan tenda tersebut didirikan di area Borobudur International Golf and Country Club.

"Kegiatan utama nanti ada di sekitar lapangan golf Borobudur, kurang lebih ada 120 tenda yang disiapkan," ujarnya.

Namun, Muntaha mengatakan jumlah tenda masih bisa berubah dan tergantung kebutuhan dan dinamika acara.

Selain menjadi lokasi pembekalan, tenda-tenda tersebut juga disiapkan sebagai tempat istirahat bagi Presiden dan para menteri.

"Saat ini semua rencana masih berkembang, dan sementara dipusatkan di daerah Lapangan Golf Borobudur. Kami terus mengikuti perkembangan untuk memastikan segala sesuatunya berjalan sesuai rencana," jelasnya.

Menurutnya, fokus utama menjelang kedatangan rombongan Prabowo adalah terkait kebersihan dan pengelolaan area yang akan digunakan. 

"Kami menyiapkan pangkalan akademi militer dari utara hingga selatan dan timur ke barat, termasuk barak dan kantor. Setiap satuan sudah dibagi sektornya masing-masing untuk memastikan area selalu bersih," ujarnya.

Pembersihan dilakukan lebih intensif karena kunjungan ini melibatkan Presiden RI dan para menteri, meski kegiatan kebersihan rutin sudah dilakukan setiap hari. 

"Kami tingkatkan intensitasnya agar segalanya lebih siap ketika tamu negara datang," tambahnya.

Terpisah, Danrem 072/Pamungkas, Brigjen TNI Zainul Bahar menuturkan ada 4.138 personel gabungan yang bakal mengamankan kegiatan menteri Prabowo tersebut.

Dia menuturkan pada Rabu pagi, Bahar yang juga bertindak sebagai Komandan Satuan Pengamanan Wilayah, mengatakan telah digelar apel persiapan pengamanan Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) di Lapangan Rindam Diponegoro, Kota Magelang.

Danrem Apel Sambut Prabowo Apel gelar pasukan di lapangan Rindam Kota Magelang, Rabu (23/10/2024).

Bahar juga menuturkan pihak dari Polri turut terlibat dalam pengamanan ini.

"Kami mengerahkan 4.138 personel, termasuk cadangannya, untuk memastikan keamanan kunjungan Presiden. Hari ini kami melaksanakan gelar pasukan untuk mengecek seluruh sarana dan prasarana," ujarnya.

Kemudian, Kebun Raya Gunung Tidar yang terhubung dengan Akmil turut ditutup sementara pada 22-27 Oktober 2024.

Kasubag Tata Usaha UPT Kebun Raya Gunung Tidar, Muwahidin menuturkan penutupan dilakukan demi mendukung pengamanan kegiatan pembekalan menteri Prabowo.

Muwahidin mengatakan keputusan penutupan sementara ini berdasarkan rapat koordinasi antara Akmil, kepolisian, serta Pj Wali Kota Magelang Ahmad Aziz.

"Ada imbauan dari Pj Wali Kota untuk kebun raya ditutup sementara tanggal 22-27 Oktober," katanya pada Rabu (23/10/2024).

Dia juga mengatakan langkah ini diambil guna memastikan kelancaran acara dan keamanan di sekitar wilayah yang dekat dengan pusat kegiatan.

Terlebih area Kebun Raya Gunung Tidar langsung terhubung dengan Kompleks Akmil.

Muwahidin memperoleh informasi kegiatan pembekalan menteri Prabowo akan digelar di Gedung Akmil dan Borobudur International Golf and Country Club.

"Informasinya tempat berlangsungnya kegiatan presiden di Gedung Akmil dan lapangan golf," katanya.

Kendati sudah melakukan sejumlah persiapan, Muwahidin mengaku belum menerima rundown acara kegiatan pembekalan menteri Prabowo tersebut.

Sebagian artikel telah tayang di Tribun Jogja dengan judul "4.138 Personel Gabungan Siap Amankan Kunjungan Presiden Prabowo dan Para Menteri di Akmil Magelang"

(Tribunnews.com/Yohanes Liestyo Poerwoto)(Tribun Jogja/Yuwantoro Winduajie)

Artikel lain terkait Kabinet Prabowo Gibran 

Editor: Bobby Wiratama

Tag:  #danrem #sebut #opsi #prabowo #tumpangi #helikopter #saat #bertolak #magelang #untuk #pembekalan #menteri

KOMENTAR