Teror Permukiman, Warga Tangkap Sanca setelah Melilit Ayam
Ular sanca yang baru saja berhasil diamankan warga setelah melilit seekor ayam di Perumnas 3 Parung Panjang, Kabupaten Bogor, Kamis (22/2). (Istimewa untuk JawaPos.com)
13:24
22 Februari 2024

Teror Permukiman, Warga Tangkap Sanca setelah Melilit Ayam

- Warga Perumnas 3 Parung Panjang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mendapat teror ular sanca. Kamis pagi (22/2), ular sanca sepanjang empat meter melilit ayam milik salah seorang warga. Kondisi itu membuat warga permukiman Perumnas 3 Parung Panjang jadi geger.

Beberapa minggu sebelumnya warga juga menangkap ular serupa sepanjang empat meter di kandang ayam.

Ular sanca yang ditangkap warga Kamis (22/2) pagi setelah tiga jam sejak pertama kali ditemukan. Sanca itu melilit ayam dan masuk ke dalam lubang kecil di bawah got. Akhirnya warga membongkar penutupan saluran air dan berhasil mengamakan reptil ganas tersebut.

Kejadian ini bermula dari Wigianto, 45, salah seorang warga yang baru saja membuang sampah pagi tadi, sekitar pukul 7.00. Saat membuang sampah, dia melihat ada ayam sedang cari makan dekat got. Setelah balik dari buang sampah dia melihat ayam sudah terlilit ular dengan kulit bermotif sanca.

Takut dengan kejadian itu, Wigiyanto lantas menginformasikan kepada warga lainnya untuk ditangkap. Namun, ular sudah keburu masuk ke dalam lubang yang posisinya di bawah saluran air. Warga berupaya menyodok lubang supaya ularnya keluar, tapi tidak berhasil.

Ular sanca ketika belum berhasil ditangkap warga Perumnas 3 Parung Panjang, Kabupaten Bogor, Kamis (22/2). (Istimewa untuk JawaPos.com)

"Kalau saya nangkap sendiri tidak berani. Risiko juga. Jadi saya informasikan kepada warga," ujar Wigiyanto kepada JawaPos.com di lokasi kejadian.

Sebelum berhasil menangkap ular itu, warga sempat berupaya meminta pertolongan kepada petugas Damkar. Namun, aksesnya sulit sehingga petugas Damkar hanya diinformasikan lewat akun media sosial Damkar Kabupaten Bogor. Cuma tidak ada respons dari damkar lewat media sosial.

Berselang kemudian, sejumlah warga makin berdatangan dan berupaya mengeluarkan ular sanca dari lubang persembunyiannya. Setelah tiga jam membongkar got, akhirnya ular sanca berhasil dikeluarkan dari lubang persembunyiannya.

"Ini yang kedua kalinya. Sebelumnya kami menangkap sanca di kandang ayam milik warga," imbuhnya. Sebelumnya warga menangkap ular sanca pada Sabtu malam (27/1). Sanca sepanjang 3 meter ditangkap setelah melilit satu ekor ayam milik Dasian, 59. Dengan penangkapan kali ini, masyarakat merasa mendapat teror dari ular sanca. (*)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #teror #permukiman #warga #tangkap #sanca #setelah #melilit #ayam

KOMENTAR