Profil Hanif Faisol Nurofiq, Menteri Lingkungan Hidup di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran
Menteri Lingkungan Hidup Hanif Faisol Nurofiq. (istimewa)
17:08
21 Oktober 2024

Profil Hanif Faisol Nurofiq, Menteri Lingkungan Hidup di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran

  Hanif Faisol Nurofiq diangkat sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup dalam Kabinet Merah Putih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.   Dia dilantik pada hari ini, Senin (21/10) di Istana Merdeka Jakarta bersama para menteri lainnya. Prestasinya sebagai menteri merupakan wujud dari keseriusan dan konsistensinya pada bidang kehutanan dan lingkungan hidup selama berkarier.  

  Profil Hanif Faisol Nurofiq    Hanif Faisol Nurofiq lahir di  Bojonegoro, Jawa Timur, 21 Maret 1971. Masa kecilnya dihabiskan di darah kelahirannya. Hanif baru pindah ke kota lain setelah memasuki usia kuliah    Untuk riwayat pendidikan, Hanif Faisol Nurofiq mengenyam pendidikan di SD Negeri Kadipaten 2 Bojonegoro, SMP Negeri 1 Bojonegoro, dan SMA Negeri 1 Bojonegoro. Setelah itu, diaelanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana kuliah S1 Fakultas Kehutanan di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Kalimantan Selatan.    Dia juga melanjutkan pendidikan S2 di Fakultas Kehutanan di kampus yang sama. Untuk S3, Hanif Faisol Nurofiq memutuskan kuliah di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur.  

  Menariknya, Hanif Faisol Nurofiq memulai kariernya dari bawah. Dia mengawali karier sebagai program forest ranger atau wirawana Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutatan (KLHK) di Kalimantan Selatan pada 1993.    Berkat profesionalitas dan kecintaannya pada pekerjaan, karier Hanif Faisol Nurofiq menanjak hingga menjadi Kepala Resor Pengelolaan Hutan (KRPH) dan Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Tanah Bumbu sejak 2014- 2016. Pada tahun 2016-2010, dia dipercaya menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan.  

  Hanif Faisol Nurofiq juga pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Lingkungan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).   Di tahun 2019 silam, Hanif Faisol Nurofiq menerima penghargaan berupa kenaikan pangkat luar biasa sebagai wujud pengakuan atas dedikasinya di bidang kehutanan dan lingkungan hidup.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #profil #hanif #faisol #nurofiq #menteri #lingkungan #hidup #kabinet #merah #putih #prabowo #gibran

KOMENTAR