Profil Sugiono, Menteri Luar Negeri Kabinet Merah Putih yang Ternyata Pensiunan TNI AD
Waketum Partai Gerindra Sugiono telah resmi dilantik menjadi Menteri Luar Negeri oleh Presiden Prabowo Subianto di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/app/Spt)
14:40
21 Oktober 2024

Profil Sugiono, Menteri Luar Negeri Kabinet Merah Putih yang Ternyata Pensiunan TNI AD

- Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sugiono telah resmi dilantik menjadi Menteri Luar Negeri oleh Presiden Prabowo Subianto di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10). Sugiono dilantik bersama dengan 48 menteri Kabinet Merah Putih pada pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Sugiono yang telah lama dikenal dekat dengan urusan diplomatik dan Kementerian Luar Negeri melalui perannya di Komisi I DPR RI. Sugiono sempat menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR RI pada periode 2019-2024.

Pria kelahiran dataran tinggi Gayo pada 1979 lalu ini menjalani masa kecilnya di Takengon, Aceh. Sugiono menempuh pendidikan dasar di SD Takengon dan melanjutkan ke SMPN 1 Takengon, sebelum akhirnya menamatkan pendidikan menengahnya di SMPN 3 Banda Aceh.

Sugiono ternyata memiliki latar belakang pendidikan militer. Ia berhasil lolos seleksi untuk melanjutkan pendidikan di SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah, pada 1997.

Sugiono melanjutkan pendidikannya ke Norwich Military Academy-Amerika setelah lulus dari SMA Taruna Nusantara. Bahkan, Sugiono berhasil meraih gelar sarjana dari program studi teknik komputer di Norwich University, dan sempat tinggal serta bekerja di Rhode Island.

Sugiono melanjutkan pendidikan calon perwira TNI (Semapa PK) di Akademi Militer Magelang yang lulus pada 2002. Sugiono kemudian dilantik sebagai Letnan Dua korps Infanteri. Sugiono memilih pensiun dini dengan pangkat Letnan Satu.

Sugiono memilih bergabung bersama Partai Gerindra setelah memilih pensiun dini. Dilansir dari laman resmi Fraksi Gerindra, Sugiono pernah menduduki jabatan sebagai Ketua Fraksi Gerindra MPR RI (2021-2024) dan Wakil Ketua Komisi I DPR RI periode 2019-2024.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #profil #sugiono #menteri #luar #negeri #kabinet #merah #putih #yang #ternyata #pensiunan

KOMENTAR