Jokowi Bertemu Surya Paloh, Saleh Daulay: Sudah Saatnya Semua Duduk Bersama
Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay. 
17:01
19 Pebruari 2024

Jokowi Bertemu Surya Paloh, Saleh Daulay: Sudah Saatnya Semua Duduk Bersama

Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay mendukung pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Baginya, pemilihan presidan dan pemilihan legislatif sudah selesai.

"Pilpres dan pileg sudah selesai. Rakyat sudah menentukan pilihan. Sudah pada saatnya, semuanya duduk bersama. Kembali memikirkan apa yang akan dilakukan untuk memajukan bangsa dan negara," kata Saleh saat dikonfirmasi, Senin (19/2/2024).

Ia menuturkan bahwa silaturahmi antara tokoh-tokoh politik tentunya sangat baik. Semua pihak sudah semestinya memberikan apresiasi dan perlu dicontoh oleh tokoh-tokoh lainnya.

"Kontestasi itu kan tujuannya untuk mencari pemimpin terbaik. Terbaik untuk negara kita. Semua paslon tentu dinilai terbaik oleh para pengusungnya. Tetapi, penilai akhir adalah rakyat. Karena itu, keputusan rakyat tersebut haruslah kita hormati," katanya.

Saleh meyakini bahwa silaturahmi antara Presiden Jokowi dan Surya Paloh dapat mengurangi tensi politik yang memanas. Dia pun berharap para capres dan cawapres juga bisa saling bertemu.

"Kalau ada silaturrahmi seperti itu, pasti akan mengurangi ketegangan antar pendukung. Apalagi kalau capres dan cawapresnya bisa bertemu. Tentu sembari menunggu hasil akhir," katanya.

"Saya menilai, itu justu sangat penting. Itu bisa diindikasikan sebagai bentuk kecintaan pada bangsa dan negara. Dengan begitu, semuanya menjadi tenang," sambungnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh di Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu, (18/2/2024). Pertemuan tersebut berlangsung secara tertutup hampir selama dua jam.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan bahwa Presiden dan Surya Paloh bertemu untuk bersilaturahmi sekaligus membicarakan agenda agenda kebangsaan. Topik pembicaraan salah satunya membahas dinamika politik dan Pemilu.

"Silaturahmi membicarakan agenda agenda kebangsaan, menghadapi berbagai tantangan global, termasuk hal-hal yang terkait dinamika politik dan pemilu," katanya.

Menurut Ari, Presiden pernah menyampaikan bahwa silaturahmi dengan tokoh bangsa dan tokoh politik tersebut sangat penting untuk kebaikan bangsa.

"Seperti yang disampaikan Presiden beberapa waktu yang lalu, silaturahmi dengan tokoh bangsa, dengan tokoh politik sangat baik, apalagi untuk kebaikan bangsa dan negara," pungkasnya.


Penjelasan NasDem

Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim menjelaskan kehadiran Surya Paloh atas undangan Presiden Jokowi. Saat itu, Jokowi mengundang Paloh untuk makan malam bersama.

Hal ini sekaligus meluruskan informasi bahwa Surya Paloh meminta waktu bertemu dengan Presiden Jokowi sebagaimana disampaikan Koordinator Staf Presiden Ari Dwipayana.

“Kehadiran Ketum NasDem Pak Surya Paloh di Istana Negara adalah memenuhi undangan makan malam Presiden Jokowi,” ujar Hermawi saat dikonfirmasi, Minggu (18/2/2024).

Dijelaskan Hermawi, Surya Paloh memenuhi undangan makan malam Presiden Jokowi yang berlangsung selama satu jam. Namun, ia enggan merinci materi pembicaraan keduanya.

Editor: Muhammad Zulfikar

Tag:  #jokowi #bertemu #surya #paloh #saleh #daulaysudah #saatnya #semua #duduk #bersama

KOMENTAR