Pengamat Sebut Tol Trans Jawa Terbukti Beri Efek Positif, Prabowo Disebut Harus Lanjutkan ke Daerah
Ilustrasi Tol Trans Jawa (Istimewa)
11:32
20 Oktober 2024

Pengamat Sebut Tol Trans Jawa Terbukti Beri Efek Positif, Prabowo Disebut Harus Lanjutkan ke Daerah

Pembangunan infrastruktur di era kepemimpinan Joko Widodo selama dua periode alias sepuluh tahun akan segera berakhir. Salah satu peninggalannya yang paling banyak dibuat adalah infrastruktur berupa jalan tol.

Menurut Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno, meski ada beberapa catatan, salah satu pembangunan tol yang yang baik di era Jokowi adalah tol Trans Jawa. Tol itu telah terbukti membuat banyak aktivitas ekonomi di sana.   "Ya sebenernya itu tol Trans Jawa lumayan bagus lah ya. Orang jadi ramai di sana," ujarnya saat dihubungi JawaPos.com, Minggu (20/10).  

  Dengan adanya jalan Tol Trans Jawa, ia mengatakan bahwa pariwisata hingga ekonomi tumbuh di sekitarnya.   "Terhubungnya Jalan Tol Trans Jawa sejak tahun 2018 terbukti memperlancar arus dan meningkatkan perpindahan arus dan meningkatkan perpindahan orang, distribusi barang, dan pertumbuhan jasa," terang Djoko.   Selain itu, Tol Trans Jawa juga sudah terbukti memangkas waktu perjalanan hingga 50 persen dan sekarang bersaing dengan moda KA dan pesawat terbang.   

  Untuk menempuh perjalanan darat dari Jakarta – Semarang atau sebaliknya, sebelumnya 10 – 12 jam, sekarang dapat ditempuh 6 jam. Semarang – Surakarta sebelumnya 2 – 3 jam, sekarang cukup 1 jam. Semarang – Surabaya sebelumnya 6 – 8 jam, sekarang cukup 4 jam. Semarang – Malang cukup 5 jam, Semarang – Bandung cukup 5 jam.   "Biaya logistik menurun dari 24 persen menjadi 14 persen," ucapnya.   Namun begitu, Djoko mengatakan bahwa masih ada pekerjaan rumah yang mesti dilanjutkan di era kepemimpinan berikutnya, yaitu di kepemimpinan Prabowo Subianto. Salah satunya pemokusan pembangunan infrastruktur di luar pulau jawa.   "Di daerah-daerah itu jalan masih banyak yang jelek, transportasi umum sudah tidak ada lagi," tuturnya.   

  Ia mencontohkan bahwa di beberapa daerah angkutan umum manusia dan hewan ternak bahkan sudah sama.    "Jadi nanti difokuskan saja pembangunannya di daerah-daerah," ucapnya.   "Transportasi sebagai kebutuhan turunan turut menentukan kemajuan suatu wilayah dan berujung kesejahteraan masyarakat," pungkas Djoko.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #pengamat #sebut #trans #jawa #terbukti #beri #efek #positif #prabowo #disebut #harus #lanjutkan #daerah

KOMENTAR