Tiba di Kompleks Parlemen Senayan, SBY Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY tiba di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024), untuk menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (Tribunnews.com/ Chaerul Umam) 
08:12
20 Oktober 2024

Tiba di Kompleks Parlemen Senayan, SBY Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY tiba di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024) untuk menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Pantauan Tribunnews.com di lokasi, SBY tiba di Kompleks Parlemen Senayan sekira pukul 07.38 WIB.

Mengenakan setelah jas, SBY tiba di Gedung Nusantara III disambut oleh sejumlah anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI.

Sebelum SBY, sejumlah pimpinan MPR RI yakni Wakil Ketua MPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dan Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid juga terpantau telah tiba di Kompleks Parlemen.

 

Megawati Absen

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto membenarkan ada instruksi langsung dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri untuk kadernya yang duduk di legislatif agar menghadiri pelantikan presiden terpilih Prabowo Subianto, Minggu (20/10/2024).

“Ya memang kami, Ibu Mega telah mengeluarkan instruksi secara langsung bahwa seluruh anggota legislatif dari PDI Perjuangan dilarang untuk keluar kota dan semua harus hadir di dalam proses yang konstitusional berkaitan dengan pelantikan Bapak Prabowo selaku Presiden,” kata Hasto, Sabtu (19/10/2024) malam.

Hasto pun menegaskan, PDIP sangat menghormati pelantikan Presiden Prabowo, meskipun Megawati berhalangan hadir.


“Ini sesuatu momentum kenegaraan yang juga dihormati oleh PDI Perjuangan,” ungkap dia.

Dia juga mengungkapkan kondisi Megawati sedang flu selepas melakukan kunjungan kerja ke luar negeri, Rusia dan Uzbekistan. 

“Seperti kita lihat kemarin pada saat Ibu Mega hadir di dalam promosi doktor saya, beliau pun kan juga menggunakan masker, karena memang setelah pulang dari Rusia, Uzbekistan kemudian melihat polusi yang begitu besar, dan kemudian semacam alergi debu. (Jadi flu) Seperti itu,” jelasnya.

Walau tidak akan hadir saat pelantikan Prabowo, Megawati masih menyempatkan diri untuk menerima tamu-tamu dari negara lain, yang meminta waktu bertemu dengannya pada hari ini. 

Para tamu itu datang ke Indonesia untuk hadir di pelantikan Prabowo. Namun ada dari mereka yang ingin menemui Megawati dulu.

Editor: Theresia Felisiani

Tag:  #tiba #kompleks #parlemen #senayan #hadiri #pelantikan #prabowo #gibran

KOMENTAR