Sosialisasi SPAN UM PTKIN 2024, Panitia Gandeng Pesantren dan Madrasah Se-Indonesia
Panitia Nasional PMB PTKIN sosialisasikan jalur SPAN PTKIN dan juga jalur UMPTKIN 2024 di Jakarta pada 16-18 Februari. (Istimewa)
15:16
17 Pebruari 2024

Sosialisasi SPAN UM PTKIN 2024, Panitia Gandeng Pesantren dan Madrasah Se-Indonesia

–Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PMB PTKIN) menggelar kegiatan sosialisasi untuk jalur SPAN PTKIN dan juga jalur UMPTKIN 2024. Kegiatan dilaksanakan di Jakarta pada 16-18 Februari.

Kegiatan itu dibuka Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Muhammad Ali Ramdani. Dirjen Pendis yang biasa disapa dengan Kang Dhani menekankan bahwa aspek kualitas harus menjadi tolok ukur utama dalam seleksi SPAN dan UMPTKIN (SPAN UMPTKIN).

Menurut dia, memiliki mahasiswa dan lulusan yang berkualitas, berdampak langsung terhadap mutu dan daya saing PTKIN.

”Sehingga mampu mendongkrak PTKIN menjadi destinasi utama  untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi,” ujar Muhammad Ali Ramdani.

Sementara itu, Direktur Diktis Prof. Inung berpesan kepada seluruh panitia PMB PTKIN untuk bekerja profesional serta mengajak seluruh kepala bidang pendidikan madrasah dan pondok pesantren bersama-sama bertanggung jawab dalam menyukseskan pelaksanaan SPAN UMPTKIN.

”Karena sejatinya ini merupakan tanggung jawab bersama di Kementerian Agama,” papar Inung.

Selain itu, Prof. Nyayu selaku ketua panitia sekaligus Rektor UIN Raden Fatah Palembang mengatakan, pelaksanaan kegiatan sosialisasi itu diharapkan mampu mendongkrak jumlah pendaftar SPAN UMPTKIN 2024.

”Keterlibatan kepala bidang pendidikan madrasah dan pondok pesantren dalam kegiatan sosialisasi ini  diharapkan dapat membantu panitia dalam menyosialisasikan SPAN UMPTKIN, khususnya di kalangan siswa madrasah dan santri pondok pesantren di seluruh Indonesia,” ujar Nyayu.

Pendapat serupa disampaikan Prof. Masnun, Ketua Forum Rektor PTKN. Dia menuturkan, kolaborasi antara PTKIN dan Kantor Wilayah Kementerian Agama menjadi penting untuk menyukseskan SPAN UMPTKIN.

”Sinergitas kita semua akan menjadikan PTKIN sebagai kampus utama bagi siswa madrasah dan santri di pesantren se Indonesia,” tutur Masnun.

Saat ini, proses SPAN PTKIN telah memasuki tahap pendaftaran siswa yang dibuka hingga 15 Maret. Informasi lebih lengkap mengenai tata cara pendaftaran SPAN UMPTKIN 2024 dapat diakses melalui website ptkin.ac.id dan media sosial span_umptkin.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #sosialisasi #span #ptkin #2024 #panitia #gandeng #pesantren #madrasah #indonesia

KOMENTAR