Adu Cerdas Mikail Azizi vs Didit Prabowo vs Alam Ganjar: Dua Orang Lulusan Luar Negeri
Adu Cerdas Mikail Azizi vs Didit Prabowo vs Alam Ganjar: Dua Orang Lulusan Luar Negeri
19:32
16 Februari 2024

Adu Cerdas Mikail Azizi vs Didit Prabowo vs Alam Ganjar: Dua Orang Lulusan Luar Negeri

Anak laki-laki tiga capres Pilpres 2024 memiliki latar belakang pendidikan bukan kaleng-kaleng. Anak kedua Anies, Mikail Azizi diketahui menimba ilmu di luar negeri.

Mikail yang lahir 23 April 2000 pada 2016 seperti dikutip dari laman resmi Anies Baswedan terpilih menjadi salah satu peserta pertukaran pelajar saat duduk di bangku SMA.

Prestasi sama pernah juga diukir Anies Baswedan saat terpilih menjadi peserta AFS, program pertukaran pelajar siswa Indonesia-Amerika. Selama satu tahun Anies tinggal di Milwakuee, Wisconsin, Amerika Serikat.

Mikail bersama 12 peserta lainnya mengikuti pertukaran pelajar melalui program United World College (UWC). Kurang lebih 2 tahun lamanya, Mikail melanjutkan pendidikan SMA-nya di Lahore, India.

Program UWC adalah program yang bertujuan menginspirasi generasi muda untuk menyalurkan bakat serta energi mereka dalam perubahan sosial.

Selama menetap di India untuk menuntut ilmu, Mikail sering bereksplorasi seperti pergi ke Vashisht Village dan Danau Bhrigu. Sampai akhirnya di 2018 Mikail lulus dan melaksanakan wisuda di India.

Anak kedua Anies itu lalu mengambil Jurusan Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi, di Universitas Indonesia. Ia juga kemudian melanjutkan studi di Korea Selatan pada bulan Februari 2023. Mikail mengikuti program dari kampusnya untuk belajar di Korea Selatan selama empat bulan.

Menimba ilmu di luar negeri juga dijalani oleh putra Prabowo dengan Titiek Soeharto, Ragowo Hediprasetyo. Didit begitu sapaan akrabnya lahir 22 Maret 1984 di Jakarta.

Didit habiskan masa kanak-kanak dan remajanya di Boston, Amerika Serikat. Ia kemudian memilih tinggal di kota Mode, Paris, Prancis. Hal itu dilakukannya untuk mengejar cita-citanya sebagai perancang busana.

Didit tak main-main untuk menggejar cita-cita sebagai perancang busana. Ia diketahui menimba ilmu mode di dua sekolah mode terbaik di dunia. Didit 4 tahun belajar Parsons School of Design, New York dan Ecole Parsons, Paris.

Kembali ke sekolah Didit, anak Prabowo, pihak sekolah pada laman resmi menjelaskan secara detail biaya tersebut dialokasikan untuk apa saja. Mulai dari biaya layanan universitas per semester sebesar 650 dollar AS, biaya senat mahasiswa 8 dollar, biaya orientasi sebesar 160 dollar yang dibayar hanya satu kali.

Menurut pihak kampus, siswa juga harus mengeluarkan biaya lain seperti transportasi, buku dan perlengkapan lainnya. Selain itu, "Ada biaya makanan di luar paket makan universitas," tulis Ecole Parsons.

Dengan biaya yang dikeluarkan cukup mahal ini, Didit kemudian membuktikkan ilmu mode yang didapatnya itu. Anak Prabowo Subianto tersebut meraih penghargaan Silver Thimble 2006 untuk karya modenya saat masih berstatus sebagai pelajar, dan lulus pada tahun 2007.

Saat ini, karya-karyanya rutin diperagakan di panggung Pekan Mode Paris. Didit tercatat sebagai salah seorang perancang busana yang masuk daftar Official Calendar Paris Fashion Week yang secara konsisten menggelar peragaan dalam ajang ini.

Tak hanya itu, Didit juga tercatat sebagai salah seorang perancang interior mobil BMW Individual Series 7. Karya rancangannya antara lain pernah dipakai oleh penyanyi Kanada, Carly Rae Jepsen, saat menghadiri MTV Video Music Awards 2013.

Lantas bagaimana dengan anak Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam Ganjar atau yang akrap disapa Alam Ganjar. Alam dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng dikenal sebagai siswa berprestasi semasa masih sekolah.

Saat duduk di SMPN 2 Semarang, pada 2015 lalu, Alam ini berhasil menyabet medali emas di kompetisi sains di Korea Selatan.

Lulus dari SMPN 2 Semarang, Alam yang menyukai olahraga sepak bola ini melanjutkan sekolah di SMAN 3 Semarang. Kiprahnya di kompetisi internasional kembali berlanjut di sini.

Pada 2019 Alam bersama rekan-rekannya meraih juara tiga dalam ajang 2019 Junior Achievement (JA) Asia Pacific Company of the Year Competition yang diselenggarakan oleh JA Asia Pacific di Manila, Filipina.

Saat ini Alam Ganjar sedang menempuh pendidikan tinggi di kampus yang sama dengan ayahnya yakni Universitas Gadjah Mada (UGM).

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #cerdas #mikail #azizi #didit #prabowo #alam #ganjar #orang #lulusan #luar #negeri

KOMENTAR