Jelang Pencoblosan Besok, Ini Doa Memilih Capres Cawapres yang Baik Pada Pilpres 2024
Ilustrai Debat capres- Doa Memilih Capres Cawapres yang Baik Pada Pilpres 2024 [KPU]
19:48
13 Februari 2024

Jelang Pencoblosan Besok, Ini Doa Memilih Capres Cawapres yang Baik Pada Pilpres 2024

Pelasanaan pencoblosan dan perhitungan Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 akan berlangsung besok, Rabu (14/2/2024). Pada esok hari masyarakat akan memilih Calon Presiden - Calon Wakil Presiden (Capres - Cawapres), DPRD Kota/Kabupaten dan Provinsi, DPR RI dan DPD RI.

Masyarakat tentu mengharapkan pemilu 2024 dapat menghasilkan Capres Cawapres yang baik. Di tengah kebingungan masyarakat memilih ketiga calon Capres -Cawapres yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, muncul pertanyaan apakah ada doa memilih Capres Cawapres yang baik pada pilpres 2024 nanti?

Doa memilih Capres Cawapres yang baik pada Pilpres 2024 sebetulnya tidak ada, namun dalam tulisan ini Suara.com menyuguhkan doa memilih pemimpin yang baik yang mungkin bisa diamalkan untuk menentukan pilihan Capres Cawapres yang baik.

Diketahui, KPU RI telah menetapkan tiga pasangan calon alias paslon capres cawapres untuk memimpin Indonesia di masa depan. Paslon nomor urut 01 Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN), Paslon 02 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) dan paslon 03 Ganjar Pranowo - Mahfud MD (Ganjar-Mahfud)

Memilih pemimpin merupakan hak politik yang dilindungi undang-undang. Meski demikian, sebelum menentukan pilihan ada baiknya untuk tetap berdoa kepada Allah SWT agar diberi ketetapan hati dalam memilih pemimpin Indonesia di masa depan.

Berikut beberapa doa dan amalan yang dapat dilakukan untuk mendapat pemimpin yang baik:

- Doa memohon pemimpin yang baik
Berikut adalah doa memohon pemimpin yang baik yang dapat dibaca:

اللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُورِنَا، اللَّهُمَّ وَفِّقْهُمْ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، اللَّهُمَّ اجْعَلْهُمْ رَحِمَةً عَلَى عِبَادِكَ، اللَّهُمَّ اجْعَلْهُمْ قَوَّامِينَ بِالْقِسْطِ، اللَّهُمَّ اجْعَلْهُمْ مُحَافِظِينَ عَلَى دِينِكَ وَعِرْضِكَ، اللَّهُمَّ أَصْلِحْ بِهِمْ أُمَّتَكَ، اللَّهُمَّ أَصْلِحْ بِهِمْ بِلَادَكَ، اللَّهُمَّ أَصْلِحْ بِهِمْ عَالَمَكَ.

(Allahumma ashlih wulaa ta umuurinaa, Allahumma waffiq hum limaa tuhibbu wa tardho, Allahummaj 'alhum rahimatan 'alaa 'ibaadika, Allahummaj 'alhum qowwaamiina bilqisthi, Allahummaj 'alhum muhaa fidziina 'ala diinika wa 'irdika, Allahumma ashlih bihim ammataka, Allahumma ashlih bihim bilaa daka, Allahumma ashlih bihim 'aalamaka).

Artinya:

"Ya Allah, perbaikilah pemimpin-pemimpin kami. Ya Allah, berilah mereka petunjuk kepada apa yang Engkau cintai dan ridhai. Ya Allah, jadikanlah mereka rahmat bagi hamba-hamba-Mu. Ya Allah, jadikanlah mereka penegak keadilan. Ya Allah, jadikanlah mereka penjaga agama dan kehormatan-Mu. Ya Allah, perbaikilah umat-Mu dengan mereka. Ya Allah, perbaikilah negeri-Mu dengan mereka. Ya Allah, perbaikilah dunia-Mu dengan mereka."

- Amalan-amalan lain

Selain membaca doa untuk memohon pemimpin yang baik, ada beberapa amalan lain yang dapat dilakukan untuk mendapat pemimpin yang baik, yaitu:

- Membaca Surat Yasin

Surat Yasin merupakan surat yang istimewa dan memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah dapat mendatangkan syafaat bagi pembacanya di hari kiamat. Oleh karena itu, membaca surat Yasin juga dapat menjadi amalan untuk mendapat pemimpin yang baik.

- Membaca doa dan zikir

Ada banyak doa dan zikir yang dapat dibaca salah satunya adalah doa berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ فِي هَذِهِ الْلَيْلَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنْ كُلِّ خَيْرٍ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ كُلِّ شَرٍّ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْكَرَامَةَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ.

(Allahumma innii asha'luka fii hadzihil laila til mubaarokati min kulli khoiri, wa 'auudzubika min kulli syarri, Allahumma innii asha'lukal 'afwa wal aa'fiyata, Allahumma innii asha'lukal huda wattaqwa, Allahumma innii asha'lukal karooma ta fiiddunyaa wal aakhiroti).

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu di malam ini yang penuh berkah ini dari segala kebaikan dan aku berlindung kepada-Mu dari segala keburukan. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ampunan dan keselamatan. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu petunjuk dan ketakwaan. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kemuliaan di dunia dan akhirat."

- Bersedekah

Sedekah merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Sedekah dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan bersedekah makanan kepada fakir miskin. Sedekah juga dapat menjadi amalan untuk mendapat pemimpin yang baik.

Amalan doa dari Gus Mus

Sementara itu, seperti dilansir NU Online, KH A Mustofa Bisri atau Gus Mus pernah menganjurkan Umat Islam agar membaca doa untuk memilih pemimpin yang baik.

اللَّهُمَّ لَا تُسَلِّطْ عَلَيْنَا - بِذُنُوْبِنَا - مَنْ لَا يَخَافُكَ وَلَا يَرْحَمُناَ

(Allahumma lâ tusallith 'alainâ—bidzunübinâ—man lâ yakhâfuKa walâ yarhamunâ)

Artinya:

"Ya Allah ya Tuhan kami, janganlah Engkau kuasakan (jadikan pemimpin) atas kami—karena dosa-dosa kami—orang yang tidak takut kepadaMu dan tidak mempunyai belas kasihan kepada kami."

Sebelum membaca doa, Gus Mus menyarankan untuk beristighfar.

Editor: Hairul Alwan

Tag:  #jelang #pencoblosan #besok #memilih #capres #cawapres #yang #baik #pada #pilpres #2024

KOMENTAR