Mengenal Silsilah Keluarga Prabowo Subianto, Hari Ini Berulang Tahun Ke-73
Foto File: Presiden terpilih RI Prabowo Subianto. 
13:18
17 Oktober 2024

Mengenal Silsilah Keluarga Prabowo Subianto, Hari Ini Berulang Tahun Ke-73

Presiden RI terpilih Periode 2024-2029, Prabowo Subianto merayakan hari ulang tahunnya yang ke-73 hari ini, Kamis (17/10/2024).

Sejumlah  tokoh politik telah memberikan ucapan selamat dan mengirimkan doa untuk Prabowo.

Bahkan sejumlah karangan bunga ucapan selamat ulang tahun terus berdatangan ke kediaman Prabowo Subianto di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, sejak pagi tadi.

Karangan Bunga ucapan selamat ulang tahun untuk Presiden terpilih Prabowo Subianto. Karangan Bunga ucapan selamat ulang tahun untuk Presiden terpilih Prabowo Subianto. (Tribunnews.com/Rahmat W. Nugraha)

Ucapan selamat itu antara lain datang dari keluarga besar almarhum Jenderal (Purn) TNI Djoko Santoso, anggota DPR fraksi Gerindra Novita Wijayanti, Ketua Umum DPP Partai Prima Agus Jabo Priyono, dan sebagainya.

Prabowo Subianto akan dilantik sebagai Presiden RI menggantikan Joko Widodo pada Minggu 20 Oktober 2024 nanti.

Gelar acara sederhana

Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan seperti tahun- tahun sebelumnya, Prabowo selalu merayakan ulang tahunnya secara sederhana.

“Biasanya Pak Prabowo acara sederhana saja dan bukan beliau yang membuat, biasanya orang-orang sekitarnya,” kata Dahnil dilansir dari Kontan.

Berkaca dari tahun lalu, keluarga Prabowo datang ke rumah pribadinya yang berlokasi di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Namun, kala itu, Prabowo tidak banyak bicara terkait hari ulang tahunnya.

Dia hanya memberi salam hormat dan menelungkupkan tangan kepada awak media.

Silsilah Keluarga Prabowo Subianto

Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto Djojohadikusumo lahir 17 Oktober 1951.

Ayah Prabowo yakni Sumitro Djojohadikusumo (1917–2001) berasal dari Gombong, Kabupaten Karanganyar (sekarang wilayah Kebumen) Jawa Tengah.

Ayah Prabowo seorang ekonom yang pernah menjabat sebagai Menteri Perekonomian dan Menteri Riset/Teknologi pada masa Orde Baru di bawah kekuasaan Presiden Soekarno.

Sumitro menamai Prabowo dengan nama adik laki-lakinya sendiri yang terbunuh dalam insiden melawan Pasukan Jepang di Lengkong, Tangerang selama Revolusi Nasional Indonesia.

Ayah Prabowo merupakan seorang pakar ekonomi dan juga politisi Partai Sosialis Indonesia yang saat itu baru saja selesai menjabat sebagai Menteri Perindustrian di Kabinet Natsir pada April 1952.

Ibunda Prabowo, Dora Marie Sigar (1921–2008) adalah seorang Kristen Protestan dari keturunan Minahasa, yang berasal dari keluarga Sigar-Maengkom di Langowan, Sulawesi Utara.

Mereka menikah di Utrecht, Belanda.

Dikutip dari wikipedia, Prabowo Subianto memiliki dua kakak perempuan.

Yakni Bianti Djiwandono yang lahir pada tahun 1948 dan Maryani Djojohadikusumo yang lahir pada tahun 1950.

Kakak sulung Prabowo, Bianti, menikah dengan Sudrajad Djiwandono, Gubernur Bank Indonesia pada tahun 1993 hingga 1998.

Sedangkan kakak perempuannya, Maryani, menikah dengan pengusaha Prancis Didier Lemaistre, yang meninggal pada tahun 2018.

Adik laki-laki satu-satunya adalah Hashim Djojohadikusumo lahir pada tahun 1954.

Hashim adalah salah satu pengusaha terkaya di Indonesia dengan aset tersebar di seluruh dunia mulai dari Indonesia hingga Eropa dan Amerika Utara. 

Hashim sangat membantu Prabowo dalam membangun Partai Gerindra dan mencalonkan Presiden RI.

Dari Keluarga Djojohadikusumo

Prabowo merupakan cucu dari Margono Djojohadikusumo yaitu seorang pendiri Bank Negara Indonesia.

Beliau juga adalah Ketua Dewan Pertimbangan Agung yang pertama.

Keluarga Djojohadikusumo merupakan keturunan dari Raden Tumenggung Kertanegara, yang merupakan panglima laskar Pangeran Diponegoro.

Nama Prabowo sendiri merupakan nama yang diambil dari pamannya, Kapten Soebianto Djojohadikusumo, yang merupakan seorang perwira Tentara Keamanan Rakyat yang telah gugur pada Pertempuran Lengkong pada Januari tahun 1964 di Tangerang.

Masa kecil Prabowo banyak dihabiskan di luar negeri, terutama setelah ayahnya adanya keterlibatan dalam menentang pemerintah Presiden Soekarno di dalam Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia di Sumatera Barat.

Prabowo menyelesaikan studi menengahnya di Victoria Institution di Kuala Lumpur, Malaysia; Zurich International School di Zurich, Swiss; dan The American School di London, Inggris.

Setelah kejatuhan Soekarno dan naiknya Soeharto, keluarga Soemitro kembali ke negara Indonesia. Lalu Prabowo masuk ke Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah.

Pada bulan Mei tahun 1983, Prabowo mempersunting Siti Hediati Hariyadi yang merupakan putri dari Presiden Soeharto dan Tien Soeharto.

Prabowo dan Siti Hediati dikaruniai seorang anak laki-laki yaitu Ragowo Hediprasetyo atau Didiet.

Anaknya, Didiet, tumbuh di Boston, Amerika Serikat dan memilih profesi sebagai seorang desainer yang berbasis di Paris, Prancis.

Sumber: Tribunnews.com/Gramedia/Wikipedia(verifikasi)

 

 

 

Editor: Hasanudin Aco

Tag:  #mengenal #silsilah #keluarga #prabowo #subianto #hari #berulang #tahun

KOMENTAR