Puluhan Warga Terjebak di Dermaga Bekas Tambang Pasir, Basarnas Kirim Helikopter ke Sukabumi
Evakuasi korban tambang pasir longsor di Sukabumi, Jawa Barat.(BPBD/Antara)
09:08
17 Oktober 2024

Puluhan Warga Terjebak di Dermaga Bekas Tambang Pasir, Basarnas Kirim Helikopter ke Sukabumi

 

- Lebih kurang 70 warga terjebak di Dermaga Sumber Baja Prima (SBP), Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat sejak Rabu (16/10). Sebagian besar di antara mereka merupakan nelayan dan pemancing. Untuk mengevakuasi dan menyelamatkan puluhan warga tersebut, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau Basarnas mengirim helikopter pada Kamis (17/10).

Keterangan tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (Kantor SAR) Jakarta Agung Priambodo. ”Saat ini masih terdapat sekitar 70 orang warga, nelayan dan pemancing, yang terjebak di ujung Dermaga SBP, karena kondisi dermaga putus akibat hantaman ombak. Upaya evakuasi masih dikoordinasikan dan menunggu cuaca memungkinkan,” ungkap dia melalui keterangan yang disampaikan oleh Basarnas Pusat.

Dia memastikan bahwa Basarnas telah mengirim helikopter untuk mengevakuasi dan menyelamatkan puluhan warga tersebut. Selain itu, helikopter dikirim untuk mengirimkan logistik. ”Mengerahkan helikopter untuk droping logistik kepada korban terisolir dan menurunkan para rescuer,” jelas Agung. Dalam operasi SAR tersebut, Basarnas turut dibantu oleh personel TNI AL dari Posal Ujunggenteng, personel Polri dari Pospolair Ujunggenteng, dan petugas dari polsek serta koramil setempat.

Berdasar laporan yang diterima oleh Basarnas Pusat, operasi SAR tersebut masih terkendala cuaca. Laporan itu menyebut ketinggian gelombang mencapai 2 meter-3,5 meter. Sedangkan kecepatan angin yang bertiup dari arah timur menuju barat daya berada pada angka 5-35 knit per jam. Kondisi cuaca di Pantai Selatan Sukabumi satu pekan terakhir memang terus berubah-ubah. Karena itu, operasi SAR dilaksanakan dengan sangat hati-hati.

-

Editor: Kuswandi

Tag:  #puluhan #warga #terjebak #dermaga #bekas #tambang #pasir #basarnas #kirim #helikopter #sukabumi

KOMENTAR