Sepak Terjang Muhammad Herindra, Disetujui DPR Jadi Kepala BIN, Sempat Jabat Danjen Kopassus
Letjen TNI (Purn) M Herindra saat masih berpangkat Mayjen. Muhammad Herindra telah disetujui DPR RI untuk menjadi Kepala BIN, berikut ini sepak terjangnya. 
17:44
16 Oktober 2024

Sepak Terjang Muhammad Herindra, Disetujui DPR Jadi Kepala BIN, Sempat Jabat Danjen Kopassus

- DPR RI telah menyetujui Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan), Muhammad Herindra, untuk menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Rabu (16/10/2024).

Hal ini diputuskan setelah DPR RI menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap Muhammad Herindra.

Adapun Muhammad Herindra merupakan satu-satunya calon Kepala BIN, untuk menggantikan posisi Budi Gunawan.

"Alhamdulillah baru saja pimpinan DPR bersama tim perwakilan dari semua fraksi yang ada di DPR melakukan pertimbangan atau fit and proper terkait dengan calon Kepala BIN atas nama Bapak Muhammad Herindra," ujar Ketua DPR RI, Puan Maharani, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

"Yang mana hasil dari tim pertimbangan tersebut menyatakan bahwa Bapak Muhammad Herindra sebagai satu satunya calon kepala BIN dinyatakan kami terima untuk bisa dilantik pada waktunya," lanjut Puan.

Lantas, seperti apa sepak terjang Muhammad Herindra?

Purnawirawan Perwira Tinggi

Muhammad Herindra adalah purnawirawan perwira tinggi (Pati) Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berpangkat terakhir Letnan Jenderal (Letjen).

Herindra pernah menjadi siswa di Akademi Militer Magelang pada 1987, seangkatan dengan mantan Panglima TNI, Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa.

Herindra lulus dengan predikat terbaik dan meraih penghargaan Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama.

Herindra lulus dengan mendapatkan pangkat Letnan Dua (Letda).

Dikutip dari TribunnewsWiki.com, Muhammad Herindra mengawali karier militernya di kecabangan infanteri Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Herindra pernah menjabat posisi elite, seperti Wakil Komandan Jenderal (Wadanjen) Kopassus pada 2013-2015.

Ia juga sempat menjadi Kasdam III/Siliwangi (2015), dan selanjutnya dipercaya menduduki jabatan Danjen Kopassus pada 2016.

Herindra lalu menduduki sejumlah jabatan strategis di TNI, yaitu Pangdam III Siliwangi periode 2016-2017, Irjen TNI periode 2018-2020, sebelum akhirnya diangkat sebagai Kepala Staf Umum (Kasum) TNI pada 2020.

Sepanjang berkarier di TNI AD, Herindra banyak menempuh pendidikan kemiliteran dan komando, di antaranya The Military College of Vermont-Norwich University USA dan National Defense University USA. 

Dirinya juga menempuh pendidikan khusus, seperti Free Fall, Suslapa I, Suslapa II, Seskoad, Susdanyon, Susdandim, Seskogab Malaysia, dan Lemhannas.

Penghargaan yang Diterima

Tanda Jasa

  1. Bintang Dharma
  2. Bintang Yudha Dharma Pratama
  3. Bintang Kartika Eka Paksi Pratama
  4. Bintang Yudha Dharma Nararya
  5. Bintang Kartika Eka Paksi Nararya
  6. Royal Order of Sahametrei (Knight) (Kamboja)
  7. SL. Dharma Bantala
  8. SL. Kesetiaan XXIV
  9. SL. Kesetiaan XVI
  10. SL. Kesetiaan VIII
  11. SL. GOM IX
  12. SL. Dharma Nusa
  13. SL. Wira Nusa
  14. SL. Wira Dharma
  15. SL. Ksatria Yudha
  16. SL. Seroja
  17. SL. Dwidya Sistha
  18. SL. Kebaktian Sosial

Brevet

  1. Brevet Infanteri
  2. Brevet Komando Kopassus
  3. Brevet Freefall
  4. Brevet Jump Master
  5. Brevet Gultor
  6. Brevet Singapore Army
  7. Brevet Parachutist Thailand
  8. Brevet Bhayangkara Bahari
  9. Brevet Cakra Kostrad (2019)

Penghargaan Lainnya

Honorary Police dari Polda Jabar (2017)

Jadi Wakil Menteri Pertahanan

Muhammad Herindra memangku jabatan sebagai Wakil Menteri Pertahanan RI sejak 23 Desember 2020 hingga sekarang.

Sebelumnya, Muhammad Herindra dipercaya sebagai Kepala Staf Umum TNI sejak 21 Oktober 2020.

Muhammad Herindra dilantik sebagai Wamenhan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Para wakil menteri negara sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 76/M Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 yang ditetapkan oleh Presiden Jokowi di Jakarta pada tanggal 23 Desember 2020.

Wakil Menteri Pertahanan M Herindra saat membuka Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan (Rapim Kemhan) Tahun 2022 bertema Konsolidasi Pembangunan Kekuatan Pertahanan Negara di Kemhan Jakarta pada Rabu (19/1/2022). Wakil Menteri Pertahanan M Herindra saat membuka Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan (Rapim Kemhan) Tahun 2022 bertema Konsolidasi Pembangunan Kekuatan Pertahanan Negara di Kemhan Jakarta pada Rabu (19/1/2022). (Biro Humas Setjen Kemhan)

Kepala BIN yang Baru

DPR RI akan menggelar Rapat Paripurna untuk mengesahkan Muhammad Herindra sebagai Kepala BIN pada Kamis (17/10/2024).

Setelah disahkan melalui Rapat Paripurna, hasil pengesahan calon Kepala BIN akan diteruskan kepada pihak Istana, untuk ditindaklanjuti.

Kemudian, pelantikan Muhammad Herindra sebagai Kepala BIN akan digelar berbarengan dengan pelantikan menteri pada 21 Oktober 2024, oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

"Dilantik pada waktunya oleh presiden yang nantinya akan dilantik pada 20 Oktober yaitu Presiden Prabowo Subianto," ungkap Puan Maharani.

Sebelumnya, DPR RI menerima surat presiden (Surpres) tentang permohonan pertimbangan pemberhentian dan pengangkatan kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Pergantian Kepala BIN itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada DPR RI melalui surat Presiden RI Nomor 51 tanggal 10 oktober 2024.

Ketua DPR RI, Puan Maharani, menyatakan nama Kepala BIN yang diusulkan adalah Muhammad Herindra, Wakil Menteri Pertahanan 2019-2024.

Sebagian artikel ini telah tayang di TribunnewsWiki.com dengan judul Mengenal Sosok Letjen Purn M Herindra, Kepala BIN Baru Gantikan Jenderal Pol Budi Gunawan

(Tribunnews.com/Nuryanti/Chaerul Umam) (TribunnewsWiki.com/Rakli Almughni/Ahmad Nur Rosikin)

Berita lain terkait Kepala BIN

Editor: Garudea Prabawati

Tag:  #sepak #terjang #muhammad #herindra #disetujui #jadi #kepala #sempat #jabat #danjen #kopassus

KOMENTAR